-->

Kalapas Kelas IIA Banda Aceh Sosialisasi Pencegahan Kebakaran

Fery author photo

Banda Aceh, BAP--Lapas Kelas IIA Banda Aceh Drs. Siad Mahdar, S.H, menggelar sosialisasi dan simulasi penanganan situasi tanggap darurat kebakaran, Jum'at 01/10/2021.

Hal itu dilakukan mengingat selama ini banyak terjadi kebakaran di Rumah Tahanan dan Lembaga Permasyarakatan di Indonesia.

"Pelatihan ini sebagai bentuk antisipasi bila nabtinya terjadi hal yang tidak kita inginkan petugas kita sudah siap mengatasinya, sosialisasi dan simulasi ini intruksi dari Dirjen Menkumham" kata Kalapas Kelas IIA Banda Aceh Drs. Siad Mahdar, S.H.

Dikatakan kegiatan itu bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh, melibatkan seluruh satuan petugas Lapas.

"Kegiatan ini ita laksanakan untuk memberikan pemahaman dan pelatihan kepada seluruh satuan Petugas Lapas Kelas IIA Banda Aceh Bertujuan  pengamanan dan Office Boy (OB) dalam mengantisipasi dan menangani kejadian kebakaran" ujar Siad Mahdar.

Dilanjutkannya. Kegiatan itu dipandu langsung oleh dua orang instruktur Dan Dua orang Pendamping yang merupakan petugas Damkar Unit Kota Banda Aceh. 

Sementara itu Nasri Supri Kabid Pencegahan Kebakaran Kota Banda Aceh menjelaskan bahwa beberapa materi dan Dua item pada pelatihan tersebut seperti jenis-jenis alat pemadam api ringan (APAR) dan kegunaannya, cara perawatan dan penggunaannya hingga teknik pemadaman api. 

"Baik secara konvensional dengan menggunakan karung goni/ handuk/ selimut maupun dengan menggunakan bantuan APAR" jelas Nasri Supri.

Menurutnya. Petugas tidak hanya dibekali teori saja. Melainkan juga ada sesi praktek sekaligus latihan dan simulasi pemadaman api.

"Setiap petugas wajib melakukan praktik secara langsung terkait cara memadamkan api secara bergantian" ucap Basri Supri.

Share:
Komentar

Berita Terkini