-->

Pimpin Kunjungan Kerja PURT DPD RI di Turki, Ini Yang Dibahas Haji Uma

Abdul Rafar author photo

Turkey, BAP--Wakil Ketua Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) DPD RI H. Sudirman sapaan akrabnya Haji Uma, bersama delegasi melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Turki, dalam kunker tersebut Haji Uma melakukan pertemuan dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki, Achmad Rizal Purnama.

Pertemuan itu berlangsung di kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ankara, Sabtu 4/5/2024.

Kegiatan tersebut turut dihadiri para Diaspora dan Perwakilan Mahasiswa Indonesia di Turki. 

Haji Uma mengatakan bahwa dirinya membahas berbagai isu terkait hubungan kerjasama Indonesia dan Turki, dalam perbincangan hangat itu terlihat keduanya begitu akrap.

"Kunjungan ini kita mumbuka topik yang menjadi pembahasan utama adalah terkait hubungan bilateral antara Indonesia dan Turki" kata Haji Uma melalui pesan Persnya Sabtu, 4/5/2024.

Haji Uma menjelaskan bahwa kerjasama antara Indonesia dan Turki yang saat ini berjalan lancar, antara lain ekspor Oil, Benang dan beberapa komoditas lain, serta pembuatan kenderaan dan Pesawat Tempur.

"Namun dari sisi komoditas bahan baku hasil bumi belum lah maksimal seperti Oil yang masih kalah jumlah dari pasokan Malaysia" jelas Lako Kak Bungsu Peran Haji Uma dalam Film Komedi Aceh Eumpang Bereuh itu.

Karena itu, Haji Uma mendorong agar peran Duta Besar agar lebih di optimalkan untuk terus menumbuh kembangkan serta meningkatkan kepercayaan Pengusaha dan Pemerintah Turki, sehingga berdampak terhadap kerjasama Investasi kedepannya.

"Kita mendorong peran kedutaan besar di Turki guna terus nelakukan sosialisasi dan lobi guna meningkatkan rasa kepercayaan para investor serta pemerintah Turki untuk berinvestasi di Indonesia" pungkas Haji Uma.

Haji uma menambahkan bahwa komoditas hasil pertanian dan perkebunan di Aceh serta Indonesia umumnya, kerap mengalami fluktuasi harga dan tak jarang merugikan Petani karena anjloknya harga, misalnya Pnang, sehingga perlu dilakukan perluasan Pasar Global yang nantinya akan membantu stabilitas harga. 

"Anjloknya harga komoditas menyedihkan bagi petani pinang. Karena itu, perlu untuk optimalisasi dan perluasan pasar global agar salah satunya membantu stabilitas harga" papar Haji Uma. 

Sebagai informasi, selain pertemuan dengan Kedubes Indonesia di Turki, delegasi PURT DPD RI sebelumnya juga telah melakukan rapat kerja dengan Parlemen Turki.

Agenda utama dari pertemuan tersebut bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara Parlemen Indonesia dan Turki serta saling tukar informasi terkait sistem tata kelola anggaran Parlemen kedua Negara.

Editor: Istanjoeng
Share:
Komentar

Berita Terkini