-->

UPTD Puskesmas Seunuddon Lakukan PMT Lokal Pada Balita Stuting dan Bumil K.E.K

Redaksi author photo

Aceh Utara, BAP--Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara, melakukan Launching Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Berbahan Pangan Lokal untuk Balita dan Ibu Hamil di Meunasah Desa Manekawan, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Senin 4/9/2023.

Pemberian PMT bagi ibu hamil dan balita itu dilakukan secara simbolis oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara Amir Syarifuddin, M.K.M, M.M, di dampingi oleh Kepala UPTD Puskesmas Seunuddon, H. Yusri M.K.M, Camat Seunuddon Ismohar S S.T.P, M.Si Kapolsek Seunuddon, Danramil pengelola gizi Puskesmas Seunuddon, Khariah, A.md.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin, menyampaikan beberapa hal yang menyangkut kesehatan anak balita dan Ibumil di Kecamatan Seunuddon.

"Kegiatan PMT ini merupakan bagian dari pencegahan dan penanggulangan stunting di wilayah kerja UPTD Puskesmas Seunuddon, kita berharap melalui program ini, penanggulangan dan pencegahan stunting bisa tercapai lebih maksimal lagi di Kecamatan kita, tentunya di mulai dari tingkat Puskesmas berdasarkan wilayah kerja," kata Amir.

Amir menjelaskan bahwa PMT lokal adalah kegiatan pemberian makanan lengkap, makan selama 90 hari untuk ibu hamil dan balita yang berasal dari bahan pangan atau makanan yang tersedia lengkap gizinya yang di peroleh dari wilayah setempat dan mudah di peroleh dengan harga yang terjangkau.

"Sasaran pemberian makanan tambahan untuk balita ini lebih diutamakan pada balita yang menderita stunting dan ibu hamil kurang energi kronis (KEK) dan akan berlangsung selama 90 hari," ucapnya.

Amir Syarifuddin juga mengatakan minitipkan pesan  bahwa pihaknya dan muspika akan terus mengawasi kegiatan PMT lokal ini sampai selesai untuk menekan stuntin di wilayahnya.

"PMT lokal  ini di masak/di olah oleh kader Desa yang sudah terlatih dengan pengawasan dari tim gizi UPTD Puskesmas Seunuddon" jelas Kadis Kesehatan Aceh Utara. 

Kegiatan PMT berbahan pangan lokal diharapkan dapat membentuk kemandirian keluarga dalam menyediakan makanan yang berkualitas bagi Ibu hamil dan balita.

Sementara itu Camat Seunuddon Ismohar mengapresiasi kegiatan tersebut, untuk meningkatkan kualitas kesehatan di Kecamatan Seunuddon sehingga di harapkan stunting di Aceh Utara akan terus menurun.
Share:
Komentar

Berita Terkini