-->

Dana Desa Mencerdaskan Anak Bangsa

Redaksi author photo

Aceh Utara BAP--Pemerintah Gampong Lhok Geulituet, Kecamatan Seunuddon Kabupaten Aceh Utara menyalurkan Bantuan Seragam Sekolah kepada 62 pelajar tingkat SD dan SLTP, Rabu 12/7/2023.

Bantuan berupa baju, celana, rok, jilbab, sepatu dan kaos kaki diserahkan langsung kepada pelajar yang didampingi oleh orang tuanya masing-masing. 

Sumber bantuan berasal dari Dana Desa Tahun Anggaran 2023 berjumlah Rp 23.102.000.-

Geuchik Lhok Geulituet Zulkifli mengatakan bahwa bantuan yang diberikan kepada keluarga miskin tersebut merupakan aspirasi atau visi misi pribadi ketika mencalonkan diri sebagai pimpinan Gampong. 

Zulkifli melihat warga miskin kesulitan memenuhi kebutuhan alat tulis dan seragam sekolah untuk pendidikan anak-anak mereka. 

Ketika aspirasi ini disampaikan dalam Musrenbang Gampong mendapat dukungan penuh dari Tuha Peut dan masyarakat sehingga akhirnya ditetapkan menjadi usulan prioritas pembangunan bidang pendidikan. 

"Tahun lalu kami telah menyerahkan bantuan alat tulis dan alhamdulillah sekarang terlaksana bantuan seragam sekolah" kata Zulkifli dengan perasaan bahagia.   

Sementara itu TPG Gampong Lhok Geulituet, Abdullah menjelaskan bahwa selain bantuan seragam juga ada bantuan beasiswa miskin bagi santri dan santriwati yang mondok di pesantren. 

"Bantuan diberikan untuk 16 santri, masing-masing sebesar sebesar Rp 100.000.- sebulan selama setahun sejak tahun 2020" ujar Abdullah.

Pada kesempatan yang sama Koordinator Wilayah I Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Aceh Utara Ngaliman. MS, memberikan apresiasi kepada Pemerintahan Gampong, pihak Kecamatan, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa yang telah berperan atas terlaksananya program bantuan tersebut. 

Ngaliman MS menilai bantuan ini bukti kepedulian pimpinan Gampong kepada warganya yang membutuhkan. 

Dana Desa dapat digunakan untuk bidang pendidikan sebagai dukungan kepada pemerintah pusat dalam mencapai tujuan keempat dari pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals atau SDGs), yaitu pendidikan desa berkualitas.

"Jadi Dana Desa berpartisipasi dalam mencerdaskan anak bangsa" pungkas Ngaliman. MS.

Disisi lain, Yusnidar, seorang wali murid merasa terharu dan sangat bersyukur mendapatkan bantuan seragam sekolah dari Dana Desa. 

Menurutnya bantuan ini sangat membantu biaya pendidikan Azmi Najuar dan Nazura Aini, kedua anaknya yang bersekolah di MIN dan SD. 

"Alhamdulillah dengan bantuan ini sangat membantu saya dalam membiayai pendidikan anak-anak", ungkap Yusnidar penuh syukur.

Reporter: Karnen
Share:
Komentar

Berita Terkini