-->

Rusli Abdullah: Gotong Royong Cara Mempererat Tali Persatuan Antar Warga

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Keuchik Gampong Alue Ie Mirah, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, Rusli Abdullah sapaan akrabnya Toke Roeh, mengajak warganya bersama-sama melakukan gotong royong membersihkan saluran drainase disekitar rumah atau lingkungan.

Ia meminta agar warga juga tidak membuang sampah sembarangan, hal ini merupakan bantuan nyata dari warga, agar penanggulangan banjir disekitar Gampong Alue Ie Mirah.

"Warga juga jangan buang sampah sembarangan. Kalau bisa gotong royong lah membersihkan drainase dan lingkungan masing-masing," ajak Keuchik Gampong Alue Ie Mirah.

Lebih lanjut Rusli menjelaskan bahwa dengan menggalakkan budaya gotong-royong terdapat sejumlah manfaat, khusus saat ini sedang menghadapi musim hujan, jika masyarakat mau peduli membersihkan selokan maupun gorong-gorong di lingkungan tempat tinggal masing-masing, maka aliran air akan lebih lancar.

"Secara otomatis bisa meminimalisir bencana banjir. Kemudian, di awal musim penghujan ini, bisa mencegah penyebaran jentik-jentik nyamuk Aedes Aegypti yang bisa menyebabkan penyakit demam ber darah, khususnya yang biasanya melanda pada anak-anak" jelas Rusli.

Dikatakannya bahwa bekerja secara bersama-sama untuk mencapai sebuah tujuan tertentu atau sering terdengar ditelinga dengan kata "Gotong royong" adalah sebuah kegiatan yang menjadi budaya di seluruh pelosok Negeri ini.

"Nilai-nilai yang terdapat dalam budaya gotong royong salah satunya adalah merekatkan tali persatuan antar-individu dalam sebuah kelompok masyarakat. Kegiatan ini seperti menghilangkan semua perbedaan yang ada di setiap invidu, melebur menjadi satu diatas semua kepentingan pribadi" kata Rusli.

Menurutnya salah satu jenis kegiatan gotong royong adalah bersih-bersih lingkungan di sekitar pemukiman di daerah tertentu. Masyarakat dengan segala peralatannya berkumpul dan secara bersama-sama melakukan resik-resik (bersih-bersih) di lingkungan masing masing. 

"Nikmat dipandang, kualitas udara yang segar, lingkungan yang jauh dari segala macam penyakit, nyaman dihuni, adalah beberapa manfaat dari kegiatan gotong royong dalam hal kebersihan lingkungan," pungkas Keuchik Gampong Alue Ie Mirah.
Share:
Komentar

Berita Terkini