-->

Tingginya Curah Hujan, Harga Cabai Melonjak Naik

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara,BAP— Harga cabai merah di pasar Tradisional Kota Panton Labu Kabupaten, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara mengalami kenaikan.

Saat  ini harga Komoditi Pangan, seperti cabai merah  dijual pedagang dengan harga Rp 45.000 per kilogram.

Seorang pedagang cabai merah di Pasar Mini Desa Sama Kurok menyebukan bahwa harga cabai saat ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Dimana sebelumnya harga jual cabai merah di pasaran Rp 35.000 per kilogram, saat ini hagajual canai terdebut menjadi Rp 45.000 per kilogram.

"Dengan demikian harga jual naik sebesar Rp 10.000 per kilogram," kata Sofyan saat ditemui beritaacehpoe.net, Selasa 9/11/2021.

Menurut Sofyan kenaikan cabai merah dalam sepekan ini tidak tau apa permasalahannya, sedangkan stok barang banyak, malah daya beli masyarakat akhir-akhir ini sangat rendah meskipun sedang bulan Maulid.

Hal serupa juga dituturkan pedagang lain, menurut dia kenaikan harga cabai merah saat ini disebabkan tingginya angka curah hujan yang melanda wilayah kabupaten Aceh Utara sejak beberapa hari terakhir.

Sehingga hasil panen petani cabai  mengalami penurunan, begitu juga denga kualitas atau banyak membusuk.

"Selain itu, penyebab naiknya harga cabai merah diakibatkan kurangnya pasokan dari luar daerah seperti dari Takengon, Grong-grong Kabupaten Pidie dan dari Tanah Karo Sumatera Utara," ujar Muji

Ia berharap, harga cabai merah  secepatnya diturunkan,sehingga jumlah pasokan di dalam daerah melimpah.

"Mudah-mudahan secepatnya turun. Kita berharap harga jualnya standar seperti semula, tidak mahal dan tidak murah," harapnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini