-->

Ziarah Kubur Jadi Tradisi Warga Desa Setiap Lebaran

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Walaupun di tengah pandemi covid-19, masyarakat tetap antusias melaksanakan tradisi ziarah kubur yang rutin dilaksanakan setiap lebaran.

Seperti warga Desa Samakurok, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara melaksanakan momen IdulFitri di hari kedua dengan melakukan ziarah kubur.

Amatan beritaacehpoe.net dipemakaman umum yang ada di Desa Samakurok, terlihat  banyak warga yang berdatangan untukelakukan ziarah.

Kegiatan ziarah kubur itu, ada yang membersihkan makam sanak saudaranya, dan ada yang sedang berdoa untuk orang tuanya atau saudaranya.

"Ziarah kubur sudah menjadi rutinitas yang selalu kami lakukan pasca lebaran," ungkap Yusuf saat ditemui beritaacehpoe.net Jum'at 14/5/2021.

Abdul Manan (35) mengakui walaupun saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19, namun menurutnya tradisi ziarah kubur yang sudah ada sejak dulu, tidak mungkin ditinggalkan masyarakat.

"Ziarah kubur rutin kami lakukan setiap tahunnya atau saat hari raya Idul Fitri, walaupun saat ini dalam situasi pandemi covid-19 kami tetap melakukan ziarah kubur karna ini sudah rutinitas kami setiap tahun, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Protkes)," tuturnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini