-->

H, Pertama Tahun Baru Harga Sayur di Pasar Rakyat Naik Tajam

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Harga komoditas sayur mayur yang di datangkan dari Tanah Karo (Sumut) naik tajam di pusat perbelanjaan Pasar Rakyat Kota Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, kenaikan harga terjadi dalam dalam dua pekan ini, Senin 1/1/2024.

Beberapa diantaranya yang mengalami kenaikan harga jauh dari biasanya yaitu, Wortel, Kentang, Tomat, daun Sop Free, Kol dan Kol Kembang.

"Harga Tomat biasanya Rp 8000 Per Kg, sekarang menjadi Rp 15.000 Per Kg, Kol biasanya Rp 5000 Per Kg, menjadi, Rp 8000 Per Kg, Sop Pre biasanya Rp 20.000 Per kilogram sekarang Rp 25.000 Per Kg" kata Deni pedagang Sayur di Pasar Rakyat Kota Ujung Timur Aceh Utara.

Sementara itu menurutnya Wortel biasanya Rp 6000 Per Kg, sekarang Rp 8000 Per kilogram, Kembang kol biasanya Rp 15.000 Per Kg, sekarang Rp 25.000 Per Kg, dan Kentang biasanya Rp 10.000 Per Kg, sekarang Rp 12.000 Per Kg.

"Naiknya harga komoditas sayuran saat ini karena lagi Natal dan Tahun Baru  dipengaruhi lagi kondisi cuaca saat ini lagi musim hujan," ujarnya Deni.

Akibat dari kenaikan harga komoditas sayuran dan daya beli masyarakat menurun hingga 50%. Penurunan ini diakui oleh sebagian besar pedagang yang ada di Pasar ujung Timur Aceh Utara.

Asma pelaku UMKM yang berjualan mie calok,  mengeluhkan harga sayuran yang naik terus setiap harinya.

"Iya naiknya jangan mahal-mahal kasihan kan rakyat juga, apalagi akhir tahun. Terlalu tinggi juga kenaikannya, seperti Sop Free saja hampir tiap hari naik, kalau saya beli setiap hari, hari ini naik seribu besok naik seribu dan seterusnya kan lumayan," pungkas Asma.

"Saya minta ya kenaikan harga barangnya jangan terlalu tinggi, kalau naik tidak apa-apa tapi jangan terlalu tinggi sangat, kasihan. Apalagi saya tinggal sangat jauh dari Perkotaan," sambung Asma.

Editor: Istanjoeng 
Share:
Komentar

Berita Terkini