-->

Pj Bupati dan Ketua PMI Aceh Utara Luncurkan Program Pegawai Donor Darah

Zulkarnaen author photo

Aceh Utara BAP-Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, bersama Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Utara H Tantawi, S.I.P, M.A.P, meluncurkan Gerakan Pegawai Donor Darah di Halaman Kantor Bupati Aceh Utara di Landing Kecamatan Lhoksukon, Senin, 13/2/2023.

Peluncuran program itu ditandai dengan donor darah yang dilakukan Pj Bupati Aceh Utara dan Ketua PMI Aceh Utara. 

Kegiatan itu digelar setelah apel rutin di lapangan upacara depan Kantor Bupati yang turut dihadiri oleh Sekda Dr A Murtala, MSi, para Asisten, para Kepala SKPK, para Camat dan pejabat Eselon III lainnya.

"Saya minta semua ASN dan Honorer untuk donor darah secara reguler sepanjang tahun. Digelar di masing-masing SKPK dan kantor Camat maupun Puskesmas," harap Azwardi didampingi Kepala Bagian Humas Setdakab Aceh Utara, Muslem Araly, S.Sos.

Azwardi menyebutkan kegiatan donor darah rutin dilaksanakan untuk kebaikan pegawai.

Pasalnya, donor darah dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat sel darah baru dan meningkatkan kesehatan pegawai.

Untuk itu, Azwardi meminta agar setelah peluncuran program itu langsung diikuti oleh Kepala SKPK di masing-masing kantor. 

"Gerakan ini bukan sebatas donor darah, namun juga untuk tujuan kemanusiaan. Kita pastikan bergandengan tangan saling membantu dalam hal penanganan bencana alam, kebutuhan darah dan lain sebagainya bersama PMI," kata Azwardi.

Ketua PMI Aceh Utara H Tantawi, S.I.P, M.A.P, menyebutkan Unit Donor Darah (UDD) PMI Aceh Utara menargetkan dapat memperoleh 1.100 kantong darah per bulan dalam tahun ini. 

"Kami mengapresiasi dukungan penuh Pj Bupati Aceh Utara untuk gerakan PMI, baik dalam donor darah maupun penanganan bencana. Kita pastikan bersama Pj Bupati terus membantu rakyat demi kemanusiaan," ungkap Tantawi, didampingi Wakilnya Hendra Yuliansyah, S.Sos.

Tantawi menegaskan bahwa PMI memastikan ketersediaan darah untuk kebutuhan masyarakat Aceh Utara. 

Bagi masyarakat yang membutuhkan darah dapat secara mudah menghubungi Call Center UDD PMI Aceh Utara di nomor HP 082379981593. 

"Selain itu, untuk kebutuhan berkoordinasi tentang kegiatan donor darah dapat menghubungi Hotline kami di nomor HP 081375373769," jelasnya.

UDD PMI Aceh Utara, kata dia, sedapat mungkin memudahkan masyarakat untuk memperoleh darah dan pelaksanaan kegiatan donor darah.

Sehari sebelumnya, Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, M.Si, mengeluarkan himbauan kepada seluruh pejabat dan ASN untuk mengambil peran dalam Gerakan Pegawai Aceh Utara Peduli Kemanusiaan dalam bentuk donor darah. 

Seluruh ASN dan honorer di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara diharapkan dapat mengelar donor darah di kantor masing-masing setiap 60 hari sekali. 

Gerakan donor darah ini dimulai peluncuran pertama kali setelah apel pagi pada Senin, 13 Februari 2023, di Halaman Kantor Bupati Aceh Utara.

Kepala SKPD dan Camat agar melaporkan jumlah darah yang terkumpul kepada Bupati Aceh Utara dan mengumumkannya pada publik lewat media massa. 

Keterangan yang diperoleh dari petugas USS PMI Aceh Utara, kegiatan donor darah yang dilaksanakan pada Senin, 13 Februari 2023, di halaman Kantor Bupati dapat terkumpul darah sebanyak 43 kantong.
Share:
Komentar

Berita Terkini