-->

Harga Labu Air Di Pasar Tradisional Melonjak Tinggi

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Dalam sepekan terakhir, harga komunitas sayuran di Pasar Tradisional dan Pasar Rakyat Kota Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara, melonjak jauh di atas psikologis dibanding harga sebelumnya, Rabu 14/12/2022.

Kenaikkan ini merupakan dampak dari musim penghujan dan banjir, dan minimnya hasil panen dari para petani lokal.

Para pedagang di kedua Pasar itu menuturkan bahwa sangat sulit untuk mendapatkan sayuran dari para pemasok, yang biasanya melimpah.

"Kini hanya tinggal separohnya saja bahkan tidak sampai, sehingga dengan jumlah yang sedikit, para pengumpul membaginya dengan sama rata kepada pedagang pengecer langganannya" kata Nasri pedagang sayur di Pasar Tradisional Panton Labu.

Menurutnya untuk saat ini harga jenis sayuran seperti Labu Air harganya naik yang sangat signifikan hingga enam kali lipat.

"Biasanya kami menjual Rp 3000 per buah, sekarang kami menjual Labu ini Rp 20.000 per buah. Tetapi untuk sebagian jenis sayuran lain masih stabil, kalau pun terjadi kenaikkan hanya sekedar saja, dan terbilang lumrah," ujar Nasri.

Akibat kenaikkan tersebut, aktifitas transaksi menjadi sedikit lesu dibanding hari hari biasa, bahkan ada sebagian pedagang sayuran tidak menggelar lapak dagangannya di pasar tempatnya biasa berjualan.

"Ini sangat luar biasa, jauh di atas batas psikologis. Tidak biasanya harga Labu Air yang biasanya melimpah ruah dan harganya relatif murah, saat ini harganya naik yang sangat signifikan," pungkasnya.

Amatan beritaacehpoe.net pada kedua pasar tersebut di Kota ujung Timur Kabupaten Aceh Utara, Rabu 15/12/2022, kenaikkan harga sayuran tersebut karena pasokan yang tidak sebanding dengan jumlah permintaan.

Sementara itu harga jenis sayuran lain, seperti Kangkung Cina masih standar harganya Rp 5000 per ikat, Timun sebelumnya Rp 5000 per Kg, kini menjadi 8000 per Kg, Sop Frie Rp 12000 per Kg, Bayam Rp 5000 per ikat, sementara itu harga Tomat sebelumnya 8000 per Kg, kini menjadi 12000 per Kg, Terong Ungu sebelumnya 7000 per Kg, kini menjadi Rp 10.000 per Kg.
Share:
Komentar

Berita Terkini