-->

Fluktuasi Harga Ayam di Pasar Rakyat Ujung Timur Aceh Utara

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Dalam sepekan terakhir harga ayam potong di Pasar Rakyat Kota Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara terus merangkak naik.

Kenaikan itu bukan saja di Pasar Rakyat tapi juga di Pasar Tradisional Kota yang sama. Akibat kenaikan itu membuat penjualan menurun dratis dan sepi pembeli.

Amatan beritaacehpoe.net Senin 5/12/2022, di dua pasar itu, kenaikan harga ayam potong dalam beberapa hari ini memang cukup tinggi dan terbilang cepat. Minggu lalu, harga jual ayam potong masih di kisaran Rp 25.000 per Kg, namun kini naik dratis menjadi Rp 30.000 per Kg.

Pedagang mengakui harga ayam potong kembali naik dalam sepekan terakhir. 

Mereka beralasan kenaikan harga sudah terjadi di tingkat agen sehingga pedagang kecil terpaksa menyesuaikan harga agar tetap bisa mendapatkan untung.

"Sekarang memang naik. Kami tidak bisa memprediksi apakah nanti akan turun atau malah naik lagi. Kami ini hanya menyesuaikan harga dari agen. Kalau di sana murah, kami juga tidak mungkin menjual dengan harga mahal karena pasti tidak laku," kata Muji pedagang ayam di Pasar Tradisional Panton Labu.

Cepatnya fluktuasi harga ayam potong di Kota ujung Timur Kabupaten Aceh Utara, karena daerah ini masih tergantung pasokan dari luar daerah.

Hal itu berhubung belum panen lokal dan masih rendahnya produksi ayam oleh peternak lokal membuat sebagian pedagang mendatangkan ayam dari luar daerah seperti dari Tualang Cut (Aceh Tamiang), bahkan hingga Seree (Aceh Besar) agar bisa memenuhi permintaan pembeli.

Akibat ketergantungan itu, harga bisa dengan cepat naik ketika stok berkurang karena pasokan pasokan lancar. 

Apalagi selama ini masih banyak warga yang mengadakan kenduri Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dan tingginya permintaan pelaku UMKM yang berjualan Geprek, keuntaky dan bakso, biasanya permintaan meningkat sehingga harga bisa tinggi jika stok tidak mencukupi.
Share:
Komentar

Berita Terkini