-->

Peringati HUT RI Ke-77, Puskesmas Langkahan Lakukan Aksi Donor Darah

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Dalam rangka memeriahkan Ulang Tahun Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, HUT RI Ke-77, Puskesmas Kecamatan Langkahan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Aceh Utara menggelar bakti sosial (baksos) berupa donor darah, Rabu 10/8/2022

Kegiatan yang dipusatkan di aula Puskesmas setempat yang diikuti oleh puluhan pendonor berasal dari perwakilan Desa, Puskesmas dan Kecamatan di wilayah kerja  Puskesmas Langkahan, serta para bagian administrasi yang ada di lingkungan Puskesmas Langkahan.

Sejak pagi hari, puluhan pendonor ini terlihat antusias mendaftarkan diri pada petugas untuk menyumbangkan darahnya (Donor).

Namun ternyata tidak semua bisa mendonorkan darahnya. Pasalnya setelah dilakukan pemeriksaan, ada beberapa pendonor tidak memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan, seperti tensi tinggi dan gejala lain.

Kepala Puskesmas Langkahan Merida, AM.Keb, mengungkapkan bahwa bakti sosial donor darah itu merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan darah. 

Dijelaskannya bahwa donor darah sangat baik bagi kesehatan. Selain untuk menjaga sirkulasi darah, kegiatan donor darah ini juga untuk membantu sesama yang sedang membutuhkan darah.

"Donor darah ini merupakan suatu tindakan yang mulia karena setetes darah yang kita berikan sangat berarti bagi kelangsungan hidup orang yang membutuhkan. Dengan mendonorkan darah tentunya akan memberikan manfaat bagi orang yang membutuhkan darah," kata Kapus Langkahan.

Melalui kegiatan donor darah itu Merida mengharapkan dapat memenuhi ketersediaan stok darah yang ada di PMI cabang Aceh Utara sehingga bisa membantu masyarakat ketika membutuhkan darah.

"Kegiatan donor darah ini bernilai ibadah karena dapat membantu sesama yang sedang membutuhkan darah. Mudah-mudahan kegiatan ini mampu menggugah masyarakat agar mau mendonorkan darahnya demi memenuhi ketersediaan stok darah di PMI cabang Kabupaten Aceh Utara," harapnya. 

Sementara itu, Kasie mobil UTD PMI cabang Aceh Utara, Muhammad Chatab menyebutkan, dalam pelayanan donor darah yang berlangsung sehari itu, dari 31 kantong yang didapat, terdiri 7 kantong golongan A, 6 kantong golongan darah AB, golongan B sebanyak 8 kantong dan golongan O sebanyak 10 kantong.
Share:
Komentar

Berita Terkini