-->

Luput Perhatian Pasar Ikan Kota Panton Labu Minta Korban

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Sejumlah pedagang ikan di Pasar Kota Panton Labu, Kabupaten Aceh Utara mengeluh akibat atap yang bocor dan tidak kunjung ada perbaikan dari Pemerintah Daerah atau Dinas terkait karena kondisi sudah rusak parah. 

Amatan beritaacehpoe.net di lokasi Kamis 5/5/2022, bangunan pasar ikan tersebut sebagian lapak-lapak penjualan tidak bisa digunakan lagi. 

Beberapa bagian atap bahkan ada yang terbuka karena kerusakan itu. Begitu juga dengan lantainya sudah kopak–kopik sangat sulit di lalui oleh masyarakat pada saat transaksi jual beli.

Rusli Abdullah sapaan akrab Toke Roeh pedagang ikan di Pasar Ikan  menuturkan bahwa para pedagang dan barang dagangan basah terkena air saat hujan turun. Bahkan para pedagang memilih tidak berjualan saat hujan.

Pasalnya para pedagang takut ikan yang dijualnya membusuk setelah terkena air hujan. Bahkan saat hujan turun, lanjut pria tersebut, jika hunjan turun air menggenang dan membuat konsleting listrik.

"Kami ini tak bisa jualan, terlalu sering hujan hingga banjir, basah-basahan hingga listrikpun jatuh terus konslet kena hujan," kata Toke Roeh Kamis 5/5/2022.

Toke Roeh mewakili seluruh pedagang pasar ikan berharap adanya perbaikan sesegera mungkin. Sehingga para pedagang maupun pembeli merasa nyaman saat beraktivitas.

"Kepada Bapak Bupati Aceh Utara H. Muhamad Thaib yang sering kita panggil Cek Mad melalui instansi terkait tolong perhatikan pasar kami (Pasar Ikan) sebagai pedagang pasar ikan. Apalagi disaat Cek Mad mau berakhir masa tugasnya selama dua periode" pintanya.

Sangat disayangkan, pasar dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan tulang punggung pembiayaan daerah. Kemampuan ekonomi suatu daerah diukur dari besarnya kontribusi PAD.

Retribusi Daerah adalah salah satu sumber pendapatan asli daerah yang penerimaannya diharapkan dapat membantu pembiayaan daerah dalam mengurus rumah tangganya sendiri (otonomi daerah).

Retribusi pasar merupakan salah satu penyumbang APBD daerah Kabupaten Aceh Utara. Retribusi pasar merupakan salah satu jenis dari retribusi jasa umum.

Dikatakannya hingga sekarang belum ada suatu bentuk kepedulian ataupun hanya sekedar meninjau pasar ikan tempat dimana mereka mencari makan.

"Untuk sampai sekarang ini belum ada instansi terkait yang meninjau atau melihat atap yang bocor ini," tandas Toke Roeh.
Share:
Komentar

Berita Terkini