-->

Bisa Mudik, Ziarah Ke Makam Dapat Terlaksana

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Ziarah Kubur hal yang selalu dilakukan Masyarakat Muslim di berbagai Belahan Dunia tak kecuali Indonesia, juga di Aceh Ziarah Kubur bukan hal yang lazim.

Seperti Taman Pemakaman Umum (TPU) Desa Sama Kurok, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, ramai didatangi peziarah, Selasa 3/5/2022.

Warga senang karena tahun ini diperbolehkan untuk mudik kesempatan itu dimanfaatkan untuk berziarah sebagai tradisi pasca Lebaran.

Amatan beritaacehpoe.net, di lokasi Tempat Pemamakaman Umum Desa Sama Kurok, antrian kendaraan roda dua dan empat berjejeran disepanjang jalan hingga kepintu gerbang TPU. Demiklan juga kondisi area TPU terpantau ramai dipadati peziarah.

Saliah (60), seorang peziarah mengatakan, kunjungan ke TPU  merupakan bentuk tradisi pasca Lebaran, kedatangannya sekeluarga untuk mendoakan anggota keluarga yang telah meninggal dunia.

"Saya datang untuk ziarah bersama anak-anak cucu, istri dan anak untuk mendoakan almarhum suami," katanya.

Dijelaskannya bahwa dirinya sudah beberapa tahun tidak bisa melakukan ziarah karena dilanda pandemi Covid19.

"Kami sudah tiga tahun tidak mudik karena Covid-19, makanya di Hari Raya Idulfitri tahun ini kami bersama keluarga bisa ziarah lagi ke makam orang tua dan keluarga, apalagi kami tingga diluar Aceh" jelas Nurhayati yang didamping Saliah.

Perempuan 36 tahun itu bersyukur bisa berkumpul basama keluarga setelah mudik terakhir di tahun 2019 lalu.

Peziarah lain, Rahel Mariam, mengungkapkan bahwa masyarakat selalu ramai mengunjungi pemakaman di hari ke dua Lebaran.

Menurut Rahel, ziarah ke makam pada Lebaran tahun ini terlihat lebih ramai dari tahun sebelumnya karena sudah banyak masyarakat yang bisa mudik ke kampung halaman.

"Dalam kesempatan ini kami dapat memanjatkan doa-doa untuk orang tua dan keluarga yang ada di alam kubur sembari membersihkan makamnya dari sampah atau rumput liar," ujarnya.

Wanita kelahiran ujung timur kabupaten Aceh Utara itu mengatakan, ziarah kubur saat hari raya Idulfitri adalah anjuran Agama Islam.

Terlebih, waktunya bersamaan dengan banyak keluarga yang datang mudik Lebaran.

"Kalau ziarah kubur sudah jadi kewajiban bersama keluarga seusai melaksanakan salat Id, terlebih sekarang ramai lagi karena banyak sanak saudara juga yang datang dari luar kota. Jadi, lebih ramai," pungkasnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini