-->

dr. Adnani: Jaga Kebersihan Lingkungan Untuk Mencegah Nyamuk Aedes Aegypti

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Kondisi cuaca sekarang ini tidak menentu, kondisi seperti itu harus dihadapi dengan cermat, karena dikhawatirkan akan menimbulkan berbagai macam penyakit jika daya tahan tubuh dalam keadaan tidak baik.

"Adapun beberapa penyakit rentan muncul pada cuaca tidak menentu ini, adalah infeksi saluran atas (ISPA) dan Demam Berdarah," kata Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Kabupaten Aceh Utara dr. Adnani saat ditemui beritaacehpoe.net, Kamis 14/10/2021.

Menurut dr. Adnani, perubahan cuaca tidak menentu apalagi ditengah Pandemi, masyarakat harus ekstra menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh.

"Menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh,harus dilakukan untuk mencegah dan tidak mudah terkena penyakit.Di masa ini penyakit ISPA dan Deman Berdarah harus diwaspadai," tuturnya.

Untuk menghindari berbagai penyakit itu, ujarnya, selain harus menjaga kebersihan, juga mengkonsumsi nutrisi yang cukup, minum air putih dan menjaga imunitas tubuh.

Hal yang tak kalah penting, sebut Adnani menghindari terjangkit Demam Berdarah yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus.

Dijelaskan untuk mencegah dan mengatasinya masyarakat harus ekstra membersihkan sanitasi dan lingkungan dari berbagai kotoran.

"Cuaca tak menentu adalah masa dimana nyamuk Aedes Aegypti berkembangbiak dan paling suka bertelur ditempat sejuk seperti di dalam rumah. Oleh karena itu hindari genangan air dan bak-bak air jangan dibiarkan terbuka," ujar Adnani.

Apalagi kata Adnani, saat ini  masih dalam kondisi Pendemi Covid-19, sebaiknya masyarakat jangan lupa terus menerapkan Protokol Kesehatan (Protkes).

Share:
Komentar

Berita Terkini