-->

Haji Uma Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di SMA N 1 Nurussalam

Abbas Satir author photo

Aceh Timur, BAP--H. Sudirman atau yang akrap di sapa Haji Uma mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di SMAN 1 Nurussalam,kecamatan Nurussalam Kabupaten Aceh Timur, Jumat 09/04/2021.

H. Sudirman dalam sambutannya menyampaikan,di tenagah wabah Covid-19 yng sudah internasional serta pengaruh globalisasi, terlihat nilai kebangsaan seakan sudah mulai luntur. 

Demikian juga  keberagaman, hingga membuat kita goyang tehadap persatuan dan kesatuan bangsa.

Hingga semangatnya sering dilupakan oleh anak bangsa, pilar merupakan Roh kebangsaan dan bermuara dari semua sisi berdasarkan Undang-Undang 1945.

"Empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD tahun 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Hal tersebut tertuang dalam Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, untuk mengawal jalannya proses demokrasi tentu diperlukan masyarakat yang sadar akan hukum. Empat pilar inilah yang menjadi faktor pendukung agar masyarakat sadar hukum," Ujar Haji Uma sapaan akrab beliau.

Lanjut Sudirman, Empat pilar  juga merupakan potensi untuk menguatkan negara dari pengaruh buruk dunia luar yang bisa meluluhlantakkan jati diri bangsa.

"Kebebasan tanpa batas dapat kita tekan dengan pemahaman yang baik mengenai empat pilar tersebut," jelas Anggota DPD-RI Asal Aceh tersebut.

Ia menambahkan, untuk menjaga serta melestarikan nilai-nilai tersebut,  itu tanggung jawab kita bersama selaku anak bangsa. 

Pancasila merupakan suatu dasar bernegara dari sila pertama dan seterusnya, negara tidak pernah membenarkan warganya yang tanpa beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan.

"Nilai kebangsaan harus tetap terpelihara di dalam diri warga negara di semua jabatan yang di sandang. Dengan mengupayakan apa yang dapat diberi kepada bangsa, bukan sebaliknya, apa yang didapat dari negara. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat mewarisi generasi dengan berbagai program dan karya. Apalagi dewasa ini seakan ada yang ingin mengobok - obok dan merongrong Pancasila, dengan berbagai celah yang sengaja diupayakan," ungkap Haji Uma.

Selain itu,Kepala Sekolah SMAN 1 Nurussalam Syahrur Ramadhan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Kami dari pihak sekolah,sangat mengapresiasi pelaksanaan acara tersebut,karena dengan adanya acara seperti ini dapat menambah wawasan serta kesadaran siswa/i tentang nilai-nilai kebangsaan,Terimakasih juga kami ucapkan kepada H Sudirman yang sudah menyempatkan waktu untuk mengunjungi sekolah kami,kedepannya kita berharap acara ini dapat dilaksanakan lagi di tempat kami," ujar Kepala Sekolah.
Share:
Komentar

Berita Terkini