-->

Ini Penyebab Para Ibu-ibu Rumah Tangga Mengeluh

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Menjelang pesta demokrasi Pemilu 2024 berimbas pada kebutuhan pokok dan kebutuhan dapur, seperti harga Tomat di Pasar Rakyat Kota Panton Labu,Aceh Utara naik sangat signifikan dari harga biasa, Jum'at 2/2/2024.

Di Pasar Ujung Timur Aceh Utara terpantau harga tomat dari pekan lalu Rp 8000 per Kg, kini naik menjadi Rp 2O.000 per Kg, padahal beberapa hari yang lalu baru naik dari Rp 8000 ke Rp 18000 per Kg.

"Dalam dua pekan ini saja sudah dua kali mengalami kenaikkan harga, biasanya lonjakan harga seperti ini tidakbbertahan lama" kata Burhan pedagang sayur di Pasar Rakyat Kota Ujung Timur Aceh Utara.

Dikatakan bahwa Tomat dari Petani Tanah Karo Sumut itu, kali ini tidak seperti biasanya tarif harganya.

"Apakan karena produksi hasil panen tomat minim, atau efek kondisi politik, menjelang pemilu tidak kondusif sehingga berakibat buruk terhadap harga barang di pasar," ujar Burhan.

Sementara itu sejumlah ibu-ibu rumah tangga mengeluhkan akibat tingginya harga rempah-rempah dapur rseperti tomat, kenaikan harga ini membuat kaum hawa harus pandai mensiasati belanjaannya.

"Tomat kan setiap hari dibuat untuk masak sayur, sambal dan masakan lainnya, kalau harganya tinggi, kita ibu-ibu rumah tangga repot juga dan harus pintar-pintar mengatur pengeluaran untuk bumbu dapur" tutur Hamamah.

Hal yang sama juga dikeluhkan Ramli pelaku UMKM yang berjualan Ayam Geprek di seputaran Kota Panton Labu.

"Kenaikan harga tomat kali ini sangat terasa bagi kami pelaku UMKM yang berjualan ayam geprek, mau kami naikan harga dalam satu porsi takut pelanggan nanti banyak yang mengeluh, lebih baik kami pasrah aja," keluh Ramli.

Editor: Istanjoeng
Share:
Komentar

Berita Terkini