-->

Untuk Meningkatkan Ilmu Agama, Pemuda Sama Kurok Pedalam Ilmu Fiqih

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Untuk menperdalam ilmu Agama, sembari menjalin silaturahmi, juga mempererat tali persaudaraan, Pemuda Desa Sama Kurok, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, melakukan kegiatan pengajian rutin.

Dalam satu hadis riwayat Ibnu Majah, menuntut ilmu hukumnya ada yang mengatakan fardhu ain dan fardhu kifayah.

Fardhu ain adalah wajib hukumnya bagi setiap muslim untuk mengerjakannya. Sedangkan fardhu kifayah apabilah salah satu sudah mengerjakan maka gugur kewajibannya bagi yang lain.

Oleh sebab itu, untuk memperdalamkan pemahaman tentang Agama Islam, pemuda Desa Sama Kurok melakukan kegiatan pengajian setiap Sabtu malam.

Pengisian Pengajian tersebut dilakukan oleh para pemuka agama beserta Ustadz-ustadz dari berbagai Pondok Pesantren, demi memperdalamkan ilmu Agama Ustadz-ustadz ini di undang oleh para pemuda Desa Sama Kurok guna memberikan bimbingan kepada mereka.

Pengajian rutin tersebut sebagai bentuk pemanfaatan waktu yang tersisa, sehingga sisa waktu yang ada tidak terbuang sia-sia, apalagi digunakan pada hal-hal yang tidak berguna hingga larut malam.

"Kegiatan ini adalah terobosan yang luar biasa untuk membendung kenakalan remaja, selama ini Pemerintah dan seluruh lembaga Pendidikan, hampir kehabisan ide membendung kenakalan remaja, itu semua dari pengaruh narkoba" kata Pj Ketua Pemuda Desa Sama Kurok Jasmin Senin 18/12/2023.

Dijelaskannya bahwa sejatinya penanggulangan dini perlu dilakukan, sehingga para remaja dan pemuda terhindar dari jeratan berbagai bentuk kenakalan.

"Untuk mengurangi praktik maksiat dan kriminalitas, kita perlu melakukan terobosan-trobosan di berbagai sisi, sehingga waktu yang ada tidak terbuang sia-sia, pendekatan juga perlu kita lakukan, dengan pendekatan itu, para remaja dan pemuda bahwa dirinya merasa dirangkul, sehingga timbul rasa tanggung jawab sebagai warga Desa Sama Kurok" jelas Jasmin.

Ditempat terpisah Kepala Desa Sama Kurok Zulfikar sapaan akrabnya Jol Kopral saat ditemui beritaacehpoe.net berujar bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan pengajian rutin yang dilakukan oleh para Pemuda.

"Saya selaku Kepala Desa sangat apresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Pemuda, ini ibukti bahwa silaturahmi antar Pemuda di Desa Sama Kurok terjalin dengan baik," ucap Jol Kopral.

Menurutnya, sebagai Kepala Desa, dirinya akan selalu memberikan dukungan dan support kepada para Pemuda, agar terus seiring sejalan dengan Pemerintahan Desa, dalam setiap kegiatan Desa ataupun kegiatan Sosial lainnya.

"Sebagai Kepala Desa saya akan selalu berdampingan dengan warga, semua kebijakan yang dilakukan oleh pemuda selama itu positif, kita akan dukung, apalagi seperti acara pengajian ini," pungkas Jol Kopral.

Isi materi Pengajian diantaranya Ilmu Fiqih, Ilmu Fiqih adalah salah satu bidang ilmu dalam Syariat Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, baik kehidupan pribadi, bermasyarakat, maupun kehidupan manusia dengan Allah. Hukum-hukum dalam fiqih ada lima yaitu wajib, sunah, mubah, makruh dan haram, juga tentang Beribadah, Pengajian itu diikuti oleh seluruh pemuda Desa setempat.

Walaupun masih terhitung baru, namun jamaah pengajian hampir Ratusan orang ikut mengisi rutinitas pengajian.

"Insya Allah akan terus bertambah, mengingat minat Pemuda terhadap belajar agama semakin hari semakin meningkat dan ini merupakan bagian dari program Pemerintah Aceh Utara, setiap Desa menggalakan Pengajian bagi semua kalangan" ujar Jol Kopral.

Editor: Istanjoeng

Share:
Komentar

Berita Terkini