-->

Ikan Tongkol Anjlok di Pasar Kota Ujung Timur Aceh Utara

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Harga ikan tongkol (jeurubok) dalam sepekan ini anjlok di pasaran, khususnya di Pasar Rakyat Kota Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, dari harga Rp 30.000 per Kg, turun menjadi Rp 10.000 per Kg. 

"Harga ikan tongkol (jeurubok) dalam sepekan ini turun separuh harga dari biasanya, dalam sepekan hingga hari ini terjadi pasokan barang  seperti dari Lampulo (Banda Aceh), Peudada (Bireun), IDI (Aceh Timur) banjir barang, belum lagi dari luar Daerah seperti Sibolga, Belawan (Sumut)" kata Rusli Abdullah sapaan akrab Toke, Kamis 14/12/2023.

Akibat anjloknya harga ikan tongkol (jeurubok), banyak warga yang membeli dalam jumlah besar. Selain untuk dikonsumsi secara segar, juga dijadikan ikan olahan seperti ikan asin atau ikan kayu.

"Anjloknya harga ikan tersebut, karena banyaknya tangkapan nelayan untuk saat sekarang ini," ujar Toke  Roeh.

Sementara itu Ismail yang biasa disapa Ayah Ma'e, pedagang ikan di pasar yang sama diujung Timur Kabupaten Aceh Utara, menyebutkan bahwa murahnya harga ikan, terutama ikan tongkol mempengaruhi pendapatan nelayan dan pedagang selama sepekan ini. Selain itu, murahnya harga mendorong masyarakat lebih banyak mengonsumsi ikan.

"Dalam beberpa hari ini banyak Caleg yang menggelar acara pertemuan dengan Timses dan para pendukungnya, menu ikan tongkol bakar jadi pilihan karena murah," tutur Ayah Ma'e.

Menurutnya, anjloknya harga ikan saat banyaknya tangkapan adalah hal biasa, pedagang juga menyesuaikan harganya dengan pasokan ikan segar dari hasil tangkapan nelayan.

Aisyah Seorang warga Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, saat dtemuai beritaacehpoe.net Kamis 14/12/2023, ketika sedang memilih ikan tongkol (jeurubok) mengaku sangat puas dengan harga yang murah.

"Ikan tongkolnya segar dan murah. Beberapa hari yang lalu saya beli dengan harga Rp 30.000 per Kg, hari ini saya beli lagi harganya sangat murah Rp 10.000 per Kg," ujar Aisyah.
Share:
Komentar

Berita Terkini