-->

Pedagang dan Pembeli Mengeluh, Ternyata Ini Penyebabnya

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Dalam tiga hari terakhir ini harga tomat di Pasar Tradisional Kota Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, naik tajam Rp 16.000 per Kg, dari harga sebelumnya Rp 10.000 per Kg.

Kamaluddin pedagang sayur di Pasar Tradisional Kota Panton kepada beritaacehpoe.net mengatakan bahwa kenaikan harga tomat di Pasar Tradisional Kota Ujung Timur Kabupaten Aceh Utara itu sejak tiga hari yang lalu.

"Sudah tiga hari harga tomat Rp 16.000 per Kg, naik 6000, per Kg dari harga sebelumnya Rp 10.000  per Kg," kata Kamaluddin, 25/9/2023.

Hal senada juga di ungkapkan Nasri pedagang di Pasar yang sama, sebelumnya dirinya mengaku menjual tomat 10.000 per Kg, namun kini dirinya terpaksa menjual 16000 per Kg, karena pemasok dari Tanah Karo Sumatera Utara menaikan harga kepada pedagang.

"Tomat yang kami jual semuanya didatangkan dari Tanah Karo, sejauh ini kami belum mengetahui penyebab naiknya harga tomat, sudah tiga hari harganya naik, sedangkan pasokan barang pada kami lancar-lancar saja" ujar Nasri.

Di tempat terpisah M. Saleh menjelaskan bahwa dirinya selama tiga hari terakhir ini omzet menurun karena daya beli dari pelanggan kurang, hal itu disebabkan tingginya harga tomat dari harga sebelumnya hanya 10.000 per Kg.

"Mungkin karena harganya terlalu tinggi, pelanggan agak berat untuk membelinya, 6000 naik per Kg dari sebelumnya 10.000 per Kg, kita berharap kondisi ini cepat teratasi, mengingat kondisi ekonomi masyarakat sekarang sangat terjepit" jelas  Saleh.

Sementara itu Una ibu Rumah Tangga menyebutkan bahwa dirinya sangat merasakan kenaika harga sejumlah bahan pokok, apalagi di tengah terjepitnya ekonomi yang Landa masyarakat.

"Semua harga bahan pokok naik, mulai dari beras, gula pasir, telur dan kebutuhan lainnya, semua naik harga, sekarang tomat pun melambung harganya, yah pandai-pandai mengatur keuangan dapur, agar kebutuhan dapur terpenuhi, walau tidak seperti biasanya" keluh Una.
Share:
Komentar

Berita Terkini