-->

Mahasiswa STIE Lhokseumawe Latih Digital Marketing Pada Pelaku UMKM

Redaksi author photo

Aceh Utara, BAP--Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok V Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIE Lhokseumawe memulai peran mereka dalam memberikan dampak positif bagi komunitas Desa Baroh Blang Rimueng, Aceh Utara, baru-baru ini. 

Dalam upaya untuk memperkuat pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Daerah itu, mereka menyelenggarakan pelatihan Digital Marketing Kepada masyarakat Desa tersebut.

Yusrina mengatakan bahwa tujuan utama dari pengabdian kepada masyarakat, adalah untuk memberikan dukungan kepada pelaku UMKM di Desa Baroh Blang Rimueng, agar dapat lebih efektif dalam pemasaran produk dan layanan mereka. 

"Pelatihan Digital Marketing ini yang dilakukan kawan-kawan Mahasiswa ini, adalah bentuk pemasaran yang menggunakan media digital atau internet" kata Yusrina.
 
Dijelaskan bahwa metode itu memberikan berbagai keuntungan, termasuk peng hematan biaya, waktu, dan tenaga, serta meningkatkan interaksi langsung dengan pelanggan.

"Sebagai UMKM, penting untuk memahami bahwa proses pemasaran yang efektif saat ini mengandalkan penggunaan teknologi digital," ujar Yusrina.

Menurutnya perlu beberapa langkah yang dapat diambil oleh pelaku UMKM termasuk memperbarui informasi kepada pelanggan melalui media sosial, website, marketplace, serta berpartisipasi dalam grup khusus pelanggan. 

"Hal ini perlu dilakukan setiap hari untuk menjaga pelanggan yang ada, terlebih untuk menarik konsumen baru," jelas Yusrina.

Selai itu Yusrina berharap dengan adanya pengabdian kepada masyarakat, seperti pelatihan Digital Marketing, tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada UMKM, tetapi juga membantu meningkatkan ekonomi lokal, sehingga dapat melakukan kontribusi positif bagi kemajuan komunitas. 

"Dengan adanya upaya kolaboratif seperti ini, Aceh Utara terus bergerak maju-menuju masa depan yang lebih cerah dan berdaya saing tinggi bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah" harap Yusrina.

Sementara itu Mauliza, salah satu peserta pelatihan, berbagi pandangan tentang manfaat pelatihan yang diberikan oleh Mahasiswa-mahasiswi ini, akan memudahkan mereka dalam memasarkan produk mereka nantinya, selain meningkatkan penjualan, dapat memperluas pasar.

"Adik-adik Mahasiswa-mahasiswi ini telah memberikan pelatihan strategi pemasaran digital marketing kepada kami masyarakat, ini merupakan pengetahuan yang berharga kepada kami terutama pelaku UMKM di Desa Baroh Blang Rimueng" pungkas Mauliza.

Pengabdian kepada masyarakat seperti pelatihan Digital Marketing  itu, tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada UMKM, tetapi juga membantu meningkatkan ekonomi lokal, sehingga dapat melakukan kontribusi positif bagi kemajuan komunitas. 

Dengan adanya upaya kolaboratif seperti ini, Aceh Utara terus bergerak maju-menuju masa depan yang lebih cerah dan berdaya saing tinggi bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah.
Share:
Komentar

Berita Terkini