-->

Harga Mentimun Naik, Petani Timun Ikut Gembira

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Harga mentimun di Pasar Rakyat Kota Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, melonjak tajam, biasanya di jual Rp 4000 per Kg, kini menjadi Rp 10.000 per Kg.

Junaidi (40) seorang petani warga Desa Matang Maneh Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara, mengatakan harga mentimun kini sedang bagus. 

"Sekarang ada kenaikan dibanding sebelumnya," katanya kepada beritaacehpoe.net Jum'at 9/6/2023.

Menurut Junaidi, selama ini harga mentimun hanya laku Rp 3000 per Kg. Tapi saat ini, bisa laku  Rp 6000 per Kg.

"Kalau barangnya bagus, harganya bisa mencapai Rp 8000 per Kg," ujarnya.

Harga mentimun ini, jelas dia, dianggap termasuk tinggi. Harga yang naik ini, diduga karena stok yang minim. Saat ini petani jarang yang menanam mentimun, apalagi sekarang ini lagi musim kemarau.

"Sangat sulit mencari sumber air untuk menyiram tanam tersebut," jelas Junaidi.

Sementara itu Ali Basyah, seorang pedagang sayur di Pasar Rakyat Panton Labu mengeluhkan kenaikan harga mentimun sangat tajam dalam sepekan ini.

"Selain harga yang melonjak, mentimun pun sulit didapat pedagang. Penyebab naiknya kami tidak tahu, mungkin karena musim kemarau," tutur Ali Basyah.

Disisi lain Khairiah (32) pelaku UMKM dengan naiknya harga timun sangat Signifikan dirinya harus mensiasati belanjaannya untuk kebutuhan usahanya itu.

"Sebab harga mentimun yang kian naik, jadi kami yang  buka usaha kecil-kecilan harus belanja pas-pasan juga, bisa dikatakan kurang dari yang diinginkan," keluhnya.

Khairiah berharap, agar harga mentimun bisa kembali stabil sebab kebutuhan akan buah mentimun begitu dibutuhkan di banyak tempat, khususnya di warung-warung makan.

"Kami khususnya Pelaku UMKM berharap harga mentimun cepat stabil karena seperti yang kita ketahui banyak pedagang di luar sana, seperti pedagang-pedagang warung makan membutuhkan mentimun setiap hari," harapnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini