-->

Meugang Pertama Segini Harga Daging Sapi di Kota Ujung Timur Aceh Utara

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Meugang pertama menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 harga daging di Kota Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara mencapai Rp 170.000 per Kg, Kamis 20/4/2023.

Sedangkan pada hari-hari biasa, harga daging sapi/kerbau paling tinggi di kisaran Rp150.000 per Kg, dan penjualannya terbatas di pasar-pasar resmi.

Mahalnya harga daging sapi dan kerbau menjelang dua hari atau sehari sebelum Hari Raya Idul Fitri, setiap tahunnya bukan dikarenakan menipisnya pasokan hewan tapi karena tingginya permintaan konsumen di Aceh itu.

Bagi Masyarakat Aceh menyantap ragam masakan dengan bahan utama daging sapi atau kerbau pada hari meugang, itu sudah menjadi salah satu rutinitas atau tradisi turun temurun, dan hingga kini masih dipertahankan.

Razali seorang pedagang daging sapi dadakan diseputaran Kota Panton Labu mengatakan, harga daging sapi di mueugang pertama menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun 2023 Rp 170.000  per Kg.

"Memang harganya seperti itu Bang, untuk hari meugang kedua kita belum bisa memprediksikan harganya naik atau turun," katanya.

Menurutnya, melonjaknya harga daging tersebut bukan hal yang tidak biasa tapi sudah menjadi tradisi.

"Kebiasaanya memang naik H-1, itu sudah biasa terjadi," tutur  Cek Li sapaan akrab

Cek Li juga menambahkan, bila daging yang sudah dipotong cepat habis, maka dirinya akan menambah lagi jumlah sapi pada malam Meugang kedua, walaupun tidak sebanyak yang dipotong pada Meugang pertama.

Untuk saat ini antusias masyarakat untuk membeli daging sapi pada Meugang pertama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 M agak menurun dari biasanya, karena masyarakat belum panen disawah.
Share:
Komentar

Berita Terkini