-->

Kehadiran Pustu, Masyarakat Pedalaman Jabal Antara Gembira

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Pemerintah Kabupaten Aceh Utara melalui Dinas Kesehatan menambah sarana pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat, dengan membangun Puskesmas Pembantu (Pustu) di dua tempat, diantaranya di Pedalaman Kecamatan Langkahan dan di Dusun Jabal Antara, Desa Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara Amir Syarifuddin, S.K.M mengatakan bahwa di Jabal Antara adalah salah satu Dusun pedalaman di Aceh Utara, yang berbatasan dengan Kabupaten Bener Meriah. 

"Selama ini warga di Desa tersebut dan sekitarnya kalau mau berobat ke Puskesmas, harus menempuh perjalanan lebih kurang tiga jam dengan jarak tempuh sekitar 30 kilometer dengan jalan berliku dan terjal" kata Amir Syarifuddin, Minggu 5/2/2023.

Dijelaskan, keberadaan Pustu yang baru di Jabal  Antara  itu, bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang ada di pedalaman tersebut sehingga tidak perlu lagi berobat menempuh perjalana jauh. 

Dirinya berharap kehadiran Pustu di Jabal Antara itu, dapat mempermudahkan masyarakat untuk berobat. 

"Pustu merupakan jaringan pelayanan Puskesmas yang memberikan pelayanan kesehatan secara permanen di suatu lokasi dalam wilayah kerja Puskesmas" jelas Amir.

Menurut Amir, Puskesmas Pembantu merupakan bagian integral Puskesmas, yang harus dibina secara berkala oleh Puskesmas. 

"Tujuan Puskesmas Pembantu adalah untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah kerjanya" ujarnya.

Selain itu kata Amir, kegunaan Pustu itu demi menunjang segala aspek dalam kesehatan, maka dari itu, perlu adanya pembangunan sarana dan prasarana kesehatan.

"Hal ini akan memiliki dampak positif dalam memberikan pelayanan yang bermutu, perbaikan sektor kesehatan tidak hanya soal perbaikan fisik, dan juga harus diperhatikan adalah bagaimana kemudahan masyarakat untuk menjangkau sarana kesehatan tersebut, ini penting karena berkaitan erat dengan efisiensi," pungkas Amir.

Amir mengungkapkan Keberadaan pustu itu dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dan mempermudah warga dusun setempat mendapatkan fasilitas kesehatan. 

"Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Utara menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kerja sama berbagai pihak, sehingga dapat terbangunnya Pustu" ungkapnya.

Atas nama Pemkab Aceh Utara, Amir juga mengucapkan terima kasih kepada Tokoh Masyarakat yang telah menghibahkan tanah  untuk di jadikan Lahan Pustu.

Sementara itu H. Ibrahim selaku Tokoh Masyarakat Jabal Antara yang mewakili masyarakat  mengucapkan rasa terimakasih atas pembangunan gedung Puskesmas Pembantu tersebut.

"Dengan berdirinya Pustu ini, tegasnya, sangat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dan Terjangkau" ucap H. Ibrahim.

Selain itu H. Ibrahim menjelaskan bahwa Pustu tersebut sudah selesai dan siap memberikan pelayanan kesehatan maksimal untuk masyarakat sekitar.

"Sebelumnya mereka kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan karena tempat tinggal mereka berada di pelosok, di atas gunung yang sudah bersebelahan dengan Kabupaten Bener Meriah" tutur H. Ibrahim.

Dirinya mengisahkan bahwa masyarakat di sana mengalami berbagai hambatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan karena letak geografis dan sarana transportasi.

"Maka Pustu yang diprakarsai oleh  Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara Pak Amir Syarifuddin, inilah yang akan menjadi pilihan masyarakat untuk dimanfaatkan karena merupakan satu satunya pelayanan kesehatan yang bisa dijangkau oleh masyarakat di Desa ini dan Masyarakat sekitarnya" kisah H. Ibrahim.
Share:
Komentar

Berita Terkini