-->

Joel Panton Kunker Ke PDAM Tirta Pase Unit Panton Labu

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Anggota Komisi IV DPRK Aceh Utara Fraksi PKS Zulkifli sapaan akrabnya Joel Panton, meninjau instalasi pengolahan air PDAM Tirta Pase unit Panton Labu di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, Jum'at 23/9/2022.

Joel Panton, dalam keterangannya usai meninjau instalasi pengolahan air tersebut semuanya berjalan dengan baik.

"Kami meninjau instalasi pengolahan air PDAM untuk melihat secara dekat apa persoalan yang terjadi dan menjawab keluh kesah warga masyarakat, selama ini bahwa masih ada beberapa Desa dikemukiman Jambo Aye Utara, Kecamatan Tanah Jambo Aye, yang terletak di daerah pesisir belum mendapatkan suplai air bersih, seperti Desa Glumpang Umpung Unoe, Seuneubok Doe, Tanjung Minjei, Meunasah Dayah,Teupin Gajah, Meunasah Geudong, Rantau Panyang, Keude Leubok, Tanjung Dalam" katanya.

Dikatakannya, setelah ditinjau lokasi instalasi itu tidak ada problem, karena air yang dihasilkan dari olahan layak konsumsi dan tingkat kejernihannya juga cukup baik.

"Kendati demikian, ada warga  yang mengeluh, karena sampai saat ini belum bisa mengkonsumsi air bersih" ujar Joel Panton.

Dalam kunjungannya Joel Panton yang ikut di dampingi Iskandar Kepala Unit PDAM Panton Labu, selain menjawab persoalan terkait masih adanya warga belum belum bisa menikmati air bersih suplai air bersih.

"Meskipun begitu, hari ini pihak PDAM sudah memberikan yang terbaik, buktinya sampel air yang kita lihat sudah cukup jernih" ungkap Iskandar Kepala Unit PDAM Panton Labu.

Selain bangunan Boster, Iskandar berharap agar dibangun septi penahan sampah pada pipa induk penyedot air dari sungai untuk proses penyaringan.

"Harapanya kepada pemerintah untuk bisa membangun tembok atau bronjong untuk menahan kerukan tanah dasar sungai, agar tidak mudah sumbat ketika air sungai meluap dan ketika air sungai normal" harap Iskandar. 

Kemudian Komisi IV merespon dan kondisi di instalasi sudah cukup memadai dan berharap ada dukungan pemerintah daerah dan pusat mencari solusi anggaran untuk membangun Instalasi Booster, atau tempat penampungan air sebelum didistribusikan ke pelanggan.

"Inilah problem utama PDAM kita dan ketika ini sudah terjawab maka Insya Allah distribusi sudah bisa dinikmati" pungkasnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini