-->

Cuaca Ekstrem Melanda Aceh Timur, PLN ULP Idi Siaga Atasi Gangguan Listrik

Said Maulana author photo

Aceh Timur, BAP--Cuaca ekstrem dan angin kencang disertai hujan lebat melanda hampir seluruh wilayah di Aceh dalam beberapa hari ini, oleh karna itu masyarakat diminta waspada.

Hal ini diperjelas oleh catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun kelas satu Sultan Iskandar Muda Banda Aceh yang mengatakan bahwa seluruh Kabupaten/Kota di Aceh berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. 

Cuaca buruk yang terjadi juga berdampak terhadap terganggunya aliran listrik hampir di seluruh Aceh sehingga PLN dengan sigap melakukan pemulihan kelistrikan terdampak cuaca buruk. 

PLN juga terus mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati terhadap bahaya listrik dengan kondisi cuaca yang sangat ekstrim pada musim penghujan tahun ini.

Karena kondisi cuaca ekstrem seperti saat ini rentan bahaya listrik baik yang disebabkan hujan lebat, angin kencang, petir dan pohon tumbang.

Menurutnya sebagian lokasi terjadi longsor sehingga tiang kita patah, dan saat ini petugas kita masih melakukan penanganan dibeberapa titik lokasi, namun ada jaringan yang belum bisa dibebaskan akibat masih tertimpa pohon besar.

"Jadi apabila ada pohon tumbang yang mengenai jaringan listrik, kami meminta masyarakat tidak menangani sendiri dan segera melaporkan kepada PLN. Jika aliran listrik masih menyala, PLN akan memadamkan sementara sebagai tindakan antisipatif terhadap bahaya," kata Ali Akbar selaku Manager PLN ULP Idi. 

Ali berharap jika masyarakat melihat potensi bahaya listrik, hendaknya tidak menangani sendiri dan segera melaporkan ke PLN melalui Contact Centre PLN 123 atau PLN Mobile agar segera dapat ditangani oleh petugas.

Selain itu, disarankan jaga jarak antara bangunan/pohon/baliho dengan jaringan listrik minimal 2,5 meter dan tidak bermain layang-layang dekat jaringan listrik.

"Kalau aliran listrik masih menyala, PLN akan memadamkan sementara sebagai tindakan antisipatif terhadap bahaya," pungkasnya.

Langkah cepat yang dilakukan untuk penormalan kelistrikan oleh PLN adalah menerjunkan petugas ke lapangan untuk melakukan pemeliharaan, pembersihan dan penormalan jaringan secara bertahap. 

"Kita harapkan dengan adanya langkah ini disertai dengan aspek keamanan dan keselamatan, penormalan listrik di wilayah Aceh yang terdampak cuaca ekstrem dapat berlangsung cepat dan aman" harapnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini