-->

117 Ribu Ternak Masyarakat Aceh Utara Terima Vaksinasi PMK

Redaksi author photo

Aceh Utara, BAP--Pemkab Aceh Utara laksanakan vaksin perdana PMK di Kecamatan Muara Batu,
 Vaksin perdana ini di lakukan di Gampong Cot Trung sebanyak 50 ekor Sapi di 2 lokasi, Minggu 24/7/2022.

Kegiatan ini dibuka buka oleh PJ Bupati Aceh Utara yang di wakili oleh asisten II  Ir. Riswan Bentara, MT, Bersama Kadis Disbunnak Kesawan Aceh Utara.

Pada kesempatan itu Riswan Bentara memaparkan bahwa vaksin PMK itu bertujuan untuk menimbulkan efek kekebalan pada ternak dimulai dengan peningkatan Anti body.

"Ternak yang di vaksin adalah ternak yang di pastikan sehat dan belum terinfeksi PMK" papar  Riswan Bentara.

Dan di lakukan di Daerah yang bebas atau Daerah hijau di Kabupaten Aceh Utara mendapatkan alokasi vaksin sejumlah 1000 dosis dan selanjutnya akan di distribusikan kembali.
Vaksin ini di laksanakan di 16 kecamatan wilayah kabupaten Aceh Utara berikut Jadwal
Populasi ternak sapi dan kerbau di Aceh Utara adalah 
117 ribu, hal itu di rasa masih jauh dari cukup, maka Pemerintah Aceh Utara berharap pada Dinas Peternakan Aceh untuk dapat membantu lagi waktu berikutnya.

Sekretaris Disbunnak Kesawan Aceh Utara drh. Muzakir yang sering di sapa Muzek mengatakan bahwa masyarakat peternak di Muara Batu sangat antusias menyambut Tim vaksinasi PMK di desanya itu dan dengan suka rela mengeluarkan Ternak sapinya untuk di lakukan vaksinasi.

"Masyarakat di sini sangat antusias melakukan vaksinasi PMK untuk Sapi mereka, vaksinasi ini merupakan Program Pemerintah Aceh Utara, guna mencegah tersebar luas virus PMK yang selama ini menyerang sapi masyarakat Aceh Utara" kata Muzek.
Dijelaskannya kegiatan vaksinasi itu di mulai sekira pukul 7:00 pagi hingga pukul 11:00 wib,  mengingat temperatur tubuh sapi naik seiring dengan mata hari yang semakin panas.

"Setelah kita mendapat 1000 cairan vaksin langsung kita turun lapangan untuk melakukan pemberian cairan vaksinasi untuk sapi warga setempat" ujarnya.

Medik veteriner, petugas Puskeswan Muara Batu, Babinsa Koramil Muara di Batu, Babinkantibmas Polsek setempat serta pemilik ternak.

ADV
Share:
Komentar

Berita Terkini