-->

Gelombang Laut Tinggi Harga Ikan Melambung

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Gelombang besar dan cuaca buruk membuat sebagian nelayan terpaksa tidak bisa melaut, akibatnya berdampak terhadap kurangnya pasokan ikan di pasar, sehingga harga ikan dalam sepekan ini melambung tinggi, Senin 30/5/2022.

Menurut pedagang di Pasar Tradisional Kota Panton Labu, Kabupaten Aceh Utara, ikan menjadi langka karena nelayan dalam sepekan ini tidak melaut karena perairan area tangkapan mereka tidak bersahabat disebabkan angin kencang dan gelombang tinggi.

"Ikan sekarang kurang karena banyak nelayan yang tidak turun kelaut akibat ombak yang besar ditambah lagi terang bulan," kata Dodi penjual ikan.

Ikan Dencis yang biasanya dijual seharga Rp 40.000 per Kg kini naik menjadi Rp 50.000 per Kg, jenis ikan tongkol Rp 35.000 per Kg yang biasa dijual kini naik menjadi Rp 40.000 per Kg.

"Harga ikan dalam sepekan ini mengalami kenaikan yang sangat signifikan, namun masyarakat ujung Timur Kabupaten Aceh Utara tetap membeli ikan karena kebiasaan makan dengan menu," ujar Dodi.

Sementara itu Umi Kalsum menyebutkan bahwa akhir-akhir ini dirinya mengeluh dengan kenaikan bahan dapur, seperti harga telur naik, harga ikan yang semakin melambung. 

"Meski harganya mahal, ikan harus kami tetap membeli karena ini kebutuhan," ucapnya.

Amatan beritaacehpoe.net, di Pasar Tradisional Kota Panton Labu Senin 30/5/2022, dimeja lapak pedagang ikan yang dijual seperti ikan mujair, bandeng, kerapu dan kakap, ikan itu jenis ikan Sungai atau Ika dari petani tambak.
Share:
Komentar

Berita Terkini