-->

Waspada DBD di Musim Hujan

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Belakangan ini terjadi hujan dengan intensitas tinggi di Aceh khususnya Kabupaten Aceh Utara, sehingga menimbulkan banjir dan genangan air.

Melihat kondisi itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara menghimbau masyarakat agar lebih waspada terhadap dampak penyakit yang ditimbulkannya salah satunya adalah resiko terjangkit Deman Berdarah Dengue (DBD)

"Kita berharap saat musim hujan begini,mari bersihkan lingkungan sekitar kita dari jentik nyamuk," kata Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh besar Amir Syarifuddin, S.K.M, Selasa 16/11/2021.

Menurut Amir, untuk diagnosa DBD ini, harus dilakukan pemeriksaan antibodi menentukan status penyakitnya.Oleh karena itu dia meminta bila ada masyarakat yang terkena demam berdarah, agar melaporkannya ke Dinas Kesehatan.

"Agar nanti dapat kita lakukan fogging, supaya penyakit DBD yang ada disatu lingkungan tidak sampai meluas," ujarnya.

Sebab dimasa Pandemi ini, sebut Amir, pihaknya masih lebih berfokus pada penanganan Covid-19. Akan tetapi hal-hal yang rutin seperti DBD maupun untuk penanganan Ibu hamil harus tetap diprioritaskan.

"Misalnya bagi Ibu hamil, Bidan Desa kita minta untuk rutin mengunjungi masyarakat. Agar bila ada keluhan bisa cepat ditanggulangi," pungkasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini