-->

Cuaca Tidak Menentu, Masyarakat Perlu Menjaga Kebersihan Lingkungan

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Cuaca Saat ini sedang terjadi tidak menentu kondisi seperti itu dikhawatirkan akan menimbulkan beberapa penyakit jika daya tahan tubuh dalam keadaan tidak baik.

Kondisi seperti itu beberapa penyakit yang rentan muncul pada cuaca yang tidak menentu itu adalah infeksi saluran atas (ISPA) dan juga Demam berdarah.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara Amir Syarifuddin, S.K.M, kepada beritaacehpoe.net Senin 11/10/2021.

"Perubahan cuaca yang tidak menentu apalagi ditengah Pandemi Masyarakat harus ekstra menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh" kata Kadis Kesehatan Aceh Utara Amir Syarifuddin.

Dirinya berharap agar masyarakat menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh, itu harus dilakukan untuk mencegah tidak mudah terjangkit oleh  penyakit.

"Dimasa ini penyakit ISPA dan deman berdarah harus diwaspadai sebisa mungkin mengingat kita sedang berada di masa Pandemi" ujarnya.

Dilanjutkannya. Untuk menghindari berbagai penyakit itu, masyarakat harus menjaga kebersihan, juga mengkonsumsi nutrisi yang cukup, minum air putih dan menjaga imunitas tubuh.

"Untuk menghindari terjangkit demam berdarah, penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus, masyarakat harus membersihkan sanitasi dan lingkungan" lanjut Amir.

Menurutnya. Cuaca tidak menentu adalah masa dimana nyamuk Aedes Aegypti berkembangbiak dan paling suka bertelur ditempat sejuk seperti didalam rumah, karenanya hindari genangan air, begitu juga dengan kebersihan sampah di lingkungan rumah agar di bakar dan bak air, pintu rumah jangan dibiarkan terbuka di saat tertentu.

"Karena ini masih dalam kondisi Pendemi Covid-19 sebaiknya masyarakat juga jangan lupa terus menerapkan protokol kesehatan (Protkes)" harap Amir Syarifuddin.
Share:
Komentar

Berita Terkini