-->

Capai Herd Imunity Ini Pesan Senator Aceh Tentang Vaksin

Abdul Rafar author photo

Jakarta, BAP--Kebijakan wajib divaksin Covid-19 dari pemerintah masih menjadi pro kontra di kalangan masyarakat, bahkan dari intelektual.

Maka dari itu, Anggota DPD-RI asal Aceh H. Sudirman sapaan akrab Haji Uma meminta dinas kesehatan gencar lakukan edukasi dan sosialiasi mengenai manfaat divaksin Covid-19.

Senator Aceh, H. Sudirman mengatakan, upaya ini perlu dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, terutama terkait sasaran penerima vaksinasi dan manfaatnya.

Dirinya meminta pihak medis untuk memeriksa riwayat penyakit yang diderita oleh siswa sebelum melakukan vaksin.

Hal ini terkait adanya seorang siswi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Lhokseumawe, Khana Darasa Naswa (15) tumbang usai divaksin Covid-19, yang dilaksanakan di sekolah setempat, Rabu 22 September 2021 lalu red.

Meskipun Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, dr. Taqwallah M.Kes, meminta vaksinasi bagi anak usia sekolah 12-17 tahun dan juga pada Santri Dayah selesai per tanggal 30 September 2021.

Imbauan itu disampaikan karena pada bulan November nanti para vaksinator vaksin covid-19 bakal fokus pada vaksinasi masyarakat umum.

Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung.

"Mari kita kenali lebih jauh tentang vaksinasi Covid-19 sehingga kita lebih yakin tentang pentingnya melakukan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya pencegahan Covid-19" kata Haji Uma kepada beritaacehpoe.net Selasa 28/9/2021.

Dikatakan. Manfaat Vaksin Covid-19
Vaksinasi adalah pemberian vaksin (antigen) yang dapat merangsang pembentukan imunitas (antibodi) sistem imun di dalam tubuh.

"Vaksinasi sebagai upaya pencegahan primer yang sangat handal mencegah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi" ujarnya.

Dijelaskannya bahwa dengan prosedur vaksinasi yang benar diharapkan akan di peroleh kekebalan yang optimal, penyuntikan yang aman dan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang minimal.

"Sebenarnya, sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya. Namun, infeksi virus Corona memiliki risiko kematian dan daya tular yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan cara lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, yaitu vaksinasi" jelas Haji Uma.

Dilanjutkannya. Vaksinasi Covid-19 dilakukan setelah kepastian keamanan dan keampuhannya ada, merupakan upaya untuk menurunkan kesakitan dan kematian dan mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd imunity).

Selain itu, vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, juga menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial dan ekonomi masyarakat.

"Meskipun demikian. Kita harapkan kepada pihak Sekolah sebelum melakukan Vaksin, agar terlebih dahulu meminta izin kepada orang tua murid, begitu juga pihak medis atau Nakes, sebelum melakukan Vaksinasi terlebih dahulu melakukan pemeriksaan terhadap peserta Vaksin" harap Senator Aceh.

Share:
Komentar

Berita Terkini