-->

Keberadaan Pasar Tradisional Dapat Mengikat Tali Persaudaraan Antar Pembeli

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Pasar Rakyat harus tetap beroperasi ditengah pandemi covid-19,  sehingga para pedagang kecil, para petani, nelayan dll tdk terpuruk.

Namun penerapan physicaldistancing tetap dilakukan demi menjaga kebersihan pasar serta menginguti protokol kesehatan yg ditetapkan pemerintah.

Dengan tetap beroperasinya pasar rakyat ditengah pandemi Covid-19 ini, diharapkan perekonomian rakyat tetap berdenyut, dengan tersedianya berbagai fasilitas dalam berbelanja dan untuk memudahkan pembeli merupakan solusi agar masyarakat tetap aman berbelanja dari rumah yang sesuai arahan dari pemerintah.

Kementerian Perdagangan mendorong untuk mendongkrak perekonomian. Apalagi di tengah pandemi di mana daya beli masyarakat mengalami penurunan.

Seperti Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, selama pandemi covid-19 sektor perdagangan mengalami penurunan pada transaksi perdagangan di pasar kecil dan retail modern. Hal ini menjadi pertanda turunnya daya beli masyarakat.

Namun, pasar rakyat tetap bisa beroperasi dan dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tujuannya adalah untuk menjaga ketersediaan, kelancaran distribusi barang, dan jasa kebutuhan masyarakat.

Ekonomi kerakyatan kita ditopang oleh adanya pasar tradisional, itu terbukti dengan masif nya pembangunan pasar tradisional, guna memastikan ekonomi rakyat meningkat.

Zulkifl anggota DPRK Aceh Utara Dapil VI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saat ditemui beritaacehpor.net Minggu 25/7/2021 mengharapkan agar Pemerintah memberi perhatian yang lebih besar kepada Pasar Rakyat, sehingga nantinya dapat memiliki daya saing di tengah wabah Covid-19.

"Pengelolaan dan pengembangan pasar rakyat di masa pandemi ini untuk meningkatkan daya saing pasar rakyat, sesuai dengan ketentuan yang diatur pada Pasal 14 dan 15 UU No 7 tahun 2014 tentang Perdagangan. Implementasi dari aturan ini menurutnya tidak boleh jadi hiasan saja, tapi perlu ada langkah konkrit untuk menyelamatkan pelaku usaha mikro, kecil agar mampu bertahan.
Karena dengan adanya Pasar Rakyat-Pasar Tradisional, sehingga lebih memudahkan rakyat untuk berbelanja, dengan lokasi yg trategis, harga murah, dengan proses tawar menawar memudahkan proses jual beli," kata Politisi Muda dari Partai Keadilan Sejahtera.

Sementara itu Dian Ibu Rumah Tangga kepada beritaacehpoe.net Minggu 25/7/2021 mengatakan bahwa di pasar tradisional semua semakin merakyat dengan adanya tawar menawar.

"Belanja jadi semakin asik
Dengan adanya pasar rakyat menyatukan tali persaudaraan antar penduduk," ujar Diana.

Share:
Komentar

Berita Terkini