-->

Permintaan Tinggi, Harga Kacang Tanah Naik

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Harga kacang tanah di pasar Kota Panton Labu, Aceh Utara mengalami kenaikan signifikan menyusul tingginya permintaan konsumen dalam sepekan terakhir.

Hasballah (45), pedagang di Pusat Pasar kota Panton Labu mengatakan, menjelang Hari  raya Idul Fitri 1442Hijriyah, permintaan terhadap kacang tanah terus mengalami peningkatan.

"Banyak warga yang mulai cari kacang tanah untuk membuat kue dan kacang tojin untuk Lebaran," katanya kepada beritaacehpoe.net, Rabu 5/5/2021.

Amatan beritaacehpoe.net di sejumlah toko sembako, saat ini harga kacang tanah dipatok Rp 30.000 hingga Rp 35.000/kg tergantung kualitas, kenaikan itu dari sebelumnya yang masih dijual Rp 28.000 hingga Rp 30.000/kg. 

Zainon pedagang lain di pasar yang sama mengatakan, permintaan konsumen akan kacang tanah meningkat cukup signifikan hingga mencapai lebih dari 80% dibanding hari biasa. 

"Sebenarnya permintaan sudah naik dari beberapa waktu lalu, baru mendekati Lebaran ini harga kacang tanah naik," ujarnya.

Rata-rata, dalam sehari pedagang di sana bisa menjual kacang tanah antara 50kg hingga 100kg. 

Menurut Zainon, permintaan paling banyak saat ini datang dari rumah tangga dan industri rumahan yang memproduksi kue dan aneka makanan untuk Lebaran.

Sedangkan permintaan dari rumah makan cenderung mengalami penurunan karena banyak rumah makan yang menjadi langganannya tak beroperasi pada bulan puasa.

Begitupun, hasil penjualan selama bulan puasa Ramadhan seperti ini bisa dibilang cukup tinggi, karena selain menjual dalam bentuk eceran, sejumlah pedagang juga menjual dalam bentuk partai kepada industri-industri rumahan tersebut.

"Biasanya ada beberapa ibu rumah tangga dari toko-toko kue yang datang memesan dalam jumlah banyak, sehingga penjualan kami meningkat cukup signifikan dalam sepekan terakhir," lanjutnya.

Mengenai pasokan, pedagang mengaku, kacang tanah yang dipasok dari sejumlah agen distributor di Medan (Sumut) tak mengalami kendala -apa. 

Rata-rata, pedagang memasok antara 100 hingga 200 kg tiap hari. Kebanyakan, kacang tanah yang dipasok tersebut merupakan kacang tanah impor dari luar negeri.

"Tapi ada juga kacang lokal, tapi peminatnya sedikit karena kualitasnya relatif kurang baik dibanding kacang luar negeri" ungkapnya.

Diprediksi, permintaan terhadap kacang tanah masih akan terus meningkat hingga H-2 Lebaran. Mengenai kemungkinan naiknya kembali harga kacang tanah, sejumlah pedagang menyatakan kemungkinan besar harga tak akan naik lagi, lantaran pedagang takut kehilangan konsumen.
Share:
Komentar

Berita Terkini