-->

Sambut Bulan Puasa Yayasan Tahfidzul Qur'an Santuni Yatim-Piatu dan Fakir Miskin

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP–Dalam menyambut bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah Pusat Tahfidzul Qur'an Yatim-Piatu, Miskin Aceh melaksanakan meugang bersama Yatim-Piatu yang bertempat di Desa Meunasah Panton, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, Minggu 11/4/2021.


Pimpinan Tahfidzul Qur'an Yatim-Piatu Miskin Aceh Teuku Muhammad mengatakan, pihaknya melaksanakan meugang bersama anak yatim-piatu dan fakir-miskin sebelum memasuki bulan puasa.

"Ada 140 yatim-piatu dan fakir-miskin kita santuni tahun ini, dengan membagikan daging meugang kepada mereka," kata Teuku Muhammad didampingi Sektarisnya Sayuti di Desa Meunasah Panton, kepada beritaacehpoe.net Minggu 11/4/2021.

Dilanjutkannya. Meugang pada 2021, panitia menyembelih satu ekor lembu yang dibeli dari hasil iurun (meuripee)  dan sumbangan dari para donatur.

"Kegiatan meugang dengan sistem meuripee sudah menjadi agenda rutin  dalam merawat tradisi dan berbagi kebaikan kepada mereka yang membutuhkan sejak 2019" ujarnya.

Menurutnya. Bukan hanya itu, tradisi meugang juga menjadi ajang silaturahmi antar sesama dan keluarga besar Tahfidzul Qur'an Yatim-Piatu Miskin Aceh.

Untuk itu, ia berharap, dengan adanya pembagian daging meugang dapat meringankan beban terutama anak yatim-piatu dan fakir-miskin, dalam menghadapi hari meugang, yang memang sudah menjadi tradisi bagi Masyarakat Aceh.

Dijelaskan bahwa kegiatan meugang dilaksanakan di Desa Meunasah Panton, turut dihadiri Tokoh Masyarakat setempat M.Thaib Ar.

Dalam kesempatan tersebut, M.Thaib Ar mengharapkan kegiatan sosial seperti meugang bersama anak yatim-piatu dan fakir-miskin dapat dilaksanakan terus setiap tahun.

Karena, jelasnya sangat membantu meringankan beban anak yatim dan fakir miskin saat meugang.

"Dalam budaya masyarakat Aceh, meugang sudah menjadi tradisi secara turun temurun, untuk merayakannya harus ada daging walau hanya sedikit," ujarnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini