-->

Bajir Tiap Tahun di Pirak Timu

Redaksi author photo

Photo: Banjir di Kecamatan Pirak Timu -BAP/Zulkarnain

Aceh Utara BAP–Puluhan Desa di Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara, dilanda banjir akibat meluapnya sungai disekitar Desa setempat, pada Sabtu (7/11/2020).

Banjir tersebut terjadi setelah hujuan deras mengguyur Pirak Timur dalam dua hari ini. Sehingga debit air yang tinggi hingga meluap ke permukiman warga.

Beberapa desa yang terendam banjir yaitu, Desa Ceumucet, Alue Bungkoh, Teupin U, Lupe, Krueng Pirak, Matang Keh, Rayuek Pange, Bungoeng, Beuracan Rata, Geulumpang, Asan Krueng Kreh, Ara Tonton dan Meunye Tujoh.

Dari beberapa desa, yang parah terendam banjir adalah Desa Alue Bungkoh. Dimana ketinggian air mencapai 50 sentimeter di pemukiman warga.

Selain itu, membuat aktivitas warga terganggu dengan banjir melanda daerah tersebut, dan aktivitas belajar mengajar disekolah juga terganggu.

Tokoh Masyarakat Pirak Timur Abu bakar mengatakan daerahnya sudah sering banjir jika hujan turun dan pihak pemerintah Aceh Utara sudah menjidi PR di setiap tahun.


“Banjir yang melanda kecamatan Pirak Timu sudah kerap terjadi di penghujung tahun, karena musim penghujan, dan banjir ini juga disebabkan meluapnya sungai Pirak Timur,” kata Kechik Abu.


Kondisi ini kata Abu sudah sering terjadi, warga berharap kepada pemerintah daerah agar melakukan normalisasi sungai Pirak Timu .

Zulkarnain

Share:
Komentar

Berita Terkini