-->

Kemunculan Awan Horizontal Hebohkan Masyarakat Aceh Barat dan Nagan Raya

Redaksi author photo


Aceh Barat, BAP.NET - Warga Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya dihebohkan dengan adanya fenomena awan berwarna hitam tebal pekat, yang berbentuk gelombang laut. 

Fenomena awan aneh itu, menjadi tontona warga setempat, wayang berbentuk gelombang laut itu viral di platfon media sosial WhatsApp dan Facebook.

Forecaster Badan Metreologi, Klimetolog Dan Geofisika (BMKG) Meulaboh-Nagan Raya, Angga menyebutkan jika jenis awan tersebut merupakan awan arcus.


Arcus atau awan horizontal rendah yang biasanya muncul sebagai awan aksesories dari sebuah comulunimbus.

Awan itu, menurutnya, merupakan awan terendah atau disebut dengan single level. 

Awan arcus merupakan awan cukup berbahaya seperti dapat disertai angin kencang, hujan deras bahkan hujan es di serta petir.

"Awan ini tidak terpantau dari satelit. Kalau kita menitikberatkan pada awan tipe Comolonimbus atau CB maka seharusnya terlihat dari pantauan satelit," ujar Angga.


Pun demikian, fenomena awan arcus itu terjadi di beberapa wilayah barat selatan Aceh itu tidak terlihat ada citra menggambarkan awan CB

"Dari visual CB memiliki puncak awan yang tinggi 10.000 m atau lebih mencapai lapisan Tropopause" pungkasnya.

Dirinya menyebutkan bahwa awan itu  di perkirakan memiliki panjang puluhan kilometer, hingga dapat di lihat mulai dari calang sampai ke Aceh Barat daya.

Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini