-->

Ini Kata Abu Yus Pada Rakor TPPI P3MD Aceh Timur

Iqbal Andriansyah author photo

Aceh Timur, BAP--Koordinator Tenaga Pendamping Profesional Indonesia Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPPI-P3MD) Kabupaten Aceh Timur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) kegiata itu berlangsung di Aula Kantor Camat Idi Rayeuk, Rabu 20/7/2022.

Hal itu disampaikan Koordinator Kabupaten (Korkab) TPPI )3MD Kabupaten Aceh Timur Yusmiadi, S.E kepada beritaacehpoe.net Rabu 20/7/2022.

"Ciptakan kadernisasi warga Desa agar ada SDM yang bisa kita handalkan kedepan dalam memandirikan Gampong di Aceh Timur" kata Yusmiadi sapaan akrabnya Abu Yus.

Dikatakannya bahwa dirinya menyampaikan terimakasih kepada Kadis DPMG yang selama ini menjadi mitra kerja yang sangat aspiratif dalam mendorong TPPI P3MD untuk lebih proaktif lagi dalam pendampingan penggunaan Dana Desa.

Rakor dilaksanakan satu hari full dengan memaparkan beberapa materi yang sangat urgen sekarang ini seperti:

1. Progres Penyaluran Dana Desa Tahun 2022

2. Transformasi UPK eks PNPM menjadi Bumdesma.

3. Gampong Cepat Salur 2022 dan Gampong Potensi Cepat Salur 2023.

4. IDM Berbasis SDGs, Daily Report Pendamping, Evaluasi Kinerja dan Disiplin TPPI.

5. Monev Dana Desa dan Permasalahan.

6. Monev BLT, BNBA dan BLT.
7. Monev Sarana Prasana dan Non Sarana Prasarana.
8. Monev PPKM Mikro.

"Dana Desa Tahun 2022 tahap 1 sudah tersalur ke 513 Gampong, Tahap 2 masih tersisa yang belum tersalur 89 Gampong, ini langsung kami tegaskan kepada 24 Koordinator Kecamatan dan kepada 24 Pendamping Desa di level Kecamatan harus tuntas di akhir Juli 2022" tegas Abu Yus.

Dijelaskan bahwa Pemda Aceh Timur bersama TPP P3MD sebagai perpanjangan tangan Kemendesa PDTT di Kabupaten Aceh Timur mempunyai target penyaluran Dana Desa 2023.

"Tahun 2022 Aceh Timur mendapat predikat Kabupaten 4 Besar Tercepat Salur Dana Desa 2022 dengan menyumbang 9 Gampong dan kita targetkan di 2023 minimal satu kecamatan 2 Gampong, insyalalah di Januari 2023 Aceh Timur bisa menargetkan 28 Gampong bisa tersalur di Januari" ujar Abu Yus.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Aceh Timur Adlinsyah, S.Sos, M.AP, meminta kepada semua TPPI P3MD Aceh Timur agar terus melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai level masing-masing (TAPM, PD, PLD) agar progres penyaluran terus meningkat, penataan.

"Usahakan terus tertib, sehingga permasalahan makin berkurang, sekali lagi lakukan sesuai tugas masing-masing" paparnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini