-->

Harga Gabah Anjlok Petani Padi Ngeluh

Abdul Rafar author photo

Aceh Timur, BAP--Harga gabah di beberapa wilayah di ujung Barat  Kabupaten Aceh Timur, menurunnya harga padi itu saat masa panen datang. 

Petani di wilayah Kecamatan Madat Kabupaten Aceh Timur, Tgk. Heri, menuturkan harga gabah yang baru ia panen saat ini hanya dihargai Rp 4800 per kilogram dari harga sebelumnya Rp 5200 per kilogram.

"Karena harga murah, kami bisa rugi," kata Tgk Heri,Sabtu 26/3/2022.

Menurut Nurdin (30) petani Kecamatan Pante Bidari, musim panen raya padi di daerahnya, bukan menjadi musim petani bergembira. Meski hasil panen relatif baik, namun harga gabah anjlok cukup drastis sedangkan harga beras masih seperti biasa.

''Bukan hanya harga anjlok. Menjualnya pun susah karena tidak ada pedagang yang mau membeli'' jelas Nurdin petani di seputaran Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur. 

Dengan anjloknya harga gabah tersebut membuat para petani semakin merugi karena modal awal yang dikeluarkan oleh para petani itu cukup tinggi akibat harga pupuk saat musim tanam cukup mahal.

"Petani belum tau apa penyebab anjloknya harga gabah. Jika bulog turun tangan setidaknya bisa membuat harga terangkat dan petani sedikit terbantu, meski kami tahu musim panen menyebabkan pasokan melimpah dan harga cenderung turun," tutur Nurdin.
Share:
Komentar

Berita Terkini