-->

Kadinkes Aceh Utara Galakkan Germas

Abdul Rafar author photo



Aceh Utara, BAP--Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara melaksanakan kegiatan pertemuan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melalui Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan. 

Pertemuan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara Amir Syarifuddin, S.K.M, yang bertempat di Lido Graha Hotel, Lhok seumawe,Rabu 27/10/2021.

Kegiatan Pergerakan GERMAS hidup sehat  ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang sudah diterapkan.

"Gerakan Masyarakat Hidup Sehat itu mengajak masyarakat untuk berperilaku CERDIK," tutur  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara Amir Syarifuddin. 

Perilaku CERDIK ini bisa diterapkan melalui Kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM), tambahnya. Dengan slogan CERDIK yaitu C=Cek kesehatan secara rutin, E=Enyahkan asap rokok, R=Rajin aktivitas fisik, D=Diet seimbang, I=Istirahat cukup, K=Kelola stress.

Di masa pandemi Covid-19 ini, perilaku CERDIK juga bisa sebagai upaya pencegahan Covid-19. Pada pertemuan ini juga Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Samsul Bahri, S.K.M, M.K.M menyampaikan tentang GERMAS di masa pandemi Covid-19 dan mensosialisasikan perbub Germas no 46 tahun 2019 yg belum tersosialisasi ke semua elemen masyarakat karena setelah di sahkan sudah di Landa Covid 19.

Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan masyarakat Dinkes Aceh Utara Susi Marlina S.Kep mengemukakan pertemuan itu pertama kali dilaksanakan di era new normal, untuk memberikan contoh bahwa dengan hidup sehat, tetap membiasakan cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, pakai masker dan jaga jarak untuk menekan angka Covid-19. 

Selain itu disampaikan juga tugas dan peranan OPD dalam mendukung kegiatan GERMAS agar berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Forum Komunikasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kabupaten Aceh Utara sudah ada sejak tahun 2017 Pertemuan Forkom GERMAS ini mengundang sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan organisasi masyarakat karena kegiatan GERMAS merupakan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat. 

Diharapkan semua OPD dan ormas yang ada di lingkungan Kabupaten Aceh Utara selalu menerapkan perilaku GERMAS di kehidupan sehari-hari dan bisa menyebarluaskan ke masyarakat di sekitarnya.

Tujuan umum dari GERMAS adalah untuk menurunkan beban penyakit menular dan penyakit penyakit tidak menular,baik kematian maupun kecacatan.

Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit

Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk

Menghindarkan peningkatan beban finansial penduduk untuk pengeluaran kesehatan 

Tujuan khusus dari GERMAS adalah untuk menurunkan faktor resiko utama penyakit menular dan tidak menular baik faktor biologis, perilaku dan lingkungan terutama melalui,

Peningkatan aktivitas fisik
Peningkatan perilaku hidup sehat
Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbalikan gizi.
Share:
Komentar

Berita Terkini