-->

Dinkes Kabupaten Aceh Utara Mengadakan Pertemuan Peningkatan Kapasitas

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Guna memutus Mata Rantai Penyebaran Covid 19 di Lingkungan Kabupaten Aceh Utara, Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara mengadakan Pertemuan Bersama 32 Puskesmas yang berada di Kabupaten Aceh Utara, serta Babinsa, Babinkamtibnas dan Team Tracer di setiap Puskesmas.

Pertemuan Peningkatan Kapasitas Tracer Covid-19, Selasa 6 sampai dengan Kamis 8 Juli 2021. Pertemuan dilaksanakan di Aula Hotel Lido Graha, Lhokseumawe, acara itu dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Amir Syarifuddin S.K.M, Selasa 6/7/2021.

Hal itu disampaikan Kadis Kesehatan Kabupaten Aceh Utara Amir Syarifuddin kepada beritaacehpoe.net Rabu 7/7/2021, menjelaskan bahwa Covid-19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui percikan batuk/bersin (droplet), tidak melalui udara.

Dikatakannya. Orang yang paling berisiko tertular penyakit ini adalah orang yang kontak erat dengan pasien Covid-19 termasuk yang merawat pasien Covid-19.

"Rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran infeksi adalah melalui cuci tangan secara teratur menggunakan sabun dan air bersih, menerapkan etika batuk dan bersin, serta menghindari kontak dekat dengan siapapun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin," kata Amir Syarifuddin.

Masih kata Amir Syarifuddin, Kegiatan pelacakan kontak dikoordinasikan oleh Puskesmas, dimana peran tracer yaitu, mencari dan memantau kontak erat selama karantina dan isolasi, memberikan informasi yang benar terkait Covid-19, termasuk pentingnya karantina dan isolasi yang benar.

Dijelaskan bahwa memantau kondisi kesehatan orang yang melakukan karantina dan isolasi dengan menanyakan bagaimana keadaan kesehatannya selama masa karantina dan isolasi, melaporkan hasil pemantauan kepada Petugas Puskesmas (koordinator tracer).

"Dengan diadakannya pertemuan ini, harapannya adalah kemampuan petugas kesehatan dan petugas pelacak (tracer) kasus Covid-19 dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Aceh Utara akan semakin meningkat," jelas Kadis Kesehatan Kabupaten Aceh Utara.

Amir Syarifuddinjuga menghimbau untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ada, seperti menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan memakai masker dan mengurangi mobilitas.

"Semoga wabah Covid-19 dapat segera berakhir. Untuk itu kita menghimbau kepada Masyarakat untuk tetap menjalankan Protokol kesehatan dengan pemberlakuan 5-M Mencuci tangan dengan Saabun, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas)," tutupnya.

Sebagai informasi, dalam pertemuan tersebut, perwakilan Team Tracer yang berada di Kabupaten Aceh Utara, dan perwakilan Babinsa dan Babinkamtibnas di beri pembekalan dari Dinas kesehatan dalam hal Melacak dan Menginput Pasien yang Terpapar Covid-19 serta pasien yang Kontak erat dengan pasien tersebut.

Share:
Komentar

Berita Terkini