-->

Haji Uma: Pemerintah Aceh dan DPRA Segera Lakukan Pembahasan RAPBA 2024

Abdul Rafar author photo

Jakarta, BAP--Anggota DPD-RI asal Aceh, H. Sudirman sering disapa Haji Uma mengingatkan agar Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) dan DPRA segera membahas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (RAPBA) Tahun Anggaran 2024 untuk kepentingan Rakyat Aceh, Kamis 30/11/2023.

Hal itu disampaikan anggota Komite IV DPD RI menyikapi surat dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah Kemendagri kepada Pj. Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, pada 24 November 2023 pekan lalu red.

Haji Uma mengatakan bahwa Surat Nomor 900.1.1/18507/Keuda itu memuat perihal pembahasan RAPBD tahun anggaran 2024 dan bersifat sangat segera. 

Haji Uma menyebutkan bahwa isi dalam surat itu meminta agar Pj. Gubernur Aceh dan DPRA segera melakukan pembahasan Rancangan Qanun APBA Tahun Anggaran 2024.

"Kita berharap polemik dan tarik ulur kepentingan Anggaran segera diakhiri, agar proses pembahasan APBA 2024 segera dapat dilakukan. Ini menyangkut Pembangunan dan kepentingan hidup Masyarakat Aceh" harap Haji Uma.

Menurut Haji Uma pembahasan tersebut, semestinya sebelum Bulan Desember Rancangan Anggaran Aceh itu sudah selesai di ajukan, dan sudah keluar pagu defenitif, sehingga di Januari 2024 semua Program Pembangunan Aceh sudah bisa di laksanakan. 

Haji Uma sendiri yang duduk di komite 4 DPD RI yang mempunyai lingkup tugas pertimbangan dan Pengawasan Keuangan Negara (APBN) merasa miris apabila APBA belum dibahas hingga sekarang. Apalagi sisa waktu untuk pembahasan sudah sangat mepet, yakni sekitar 6 hari.

"Kita merasa miris melihat hal serupa berulang hampir setiap tahun. Surat dari Kemendagri mengesankan jika Otoritas di Aceh lemah dalam komitmen untuk perencanaan Pembangunan dalam upaya mensejahterakan Rakyat Aceh" kata Haji Uma.
Share:
Komentar

Berita Terkini