-->

Harga Tomat di Pasar Ujung Timur Aceh Utara Anjlok

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Tomat asal Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah dan Bener Meriah mulai membanjiri Pasar Rakyat dan Pasar Tradisional Kota Panton Labu, sejumlah pedagang sayur di Pasar Rakyat dan Pasar Tradisional Kota Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara terpaksa harus mensiasati dagangan tomat tersebut. 

Kondisi itu berdampak pada harga tomat yang berangsur turun, saat ini harga tomat dijual Rp 6000 per Kg, turun dari harga sebelumnya Rp 8000 per Kg.

"Dalam sepekan ini harga tomat mengalami penurunan," kata Burhan pedagang sayur di Pasar Rakyat Senin 22/5/2023.

Penyebab turunnya harga dan  tomat melimpah di Pasar ujung Timur Kabupaten Aceh Utara itu akibat panen raya serentak, sehingga me­nyebabkan tomat se­hingga membanjiri sejumlah Pasar.

Sementara itu Kamaluddin di Pasar Tradisional menyebutkan bahwa hal lain membuat tomat banjir di sejumlah Pasar selain tomat dari Dataran Tinggi Gayo, Daerah lain seperti Tanah Karo (Sumut) sedang mengalami panen raya.

Disisi lain kondisi ini disambut baik oleh para ibu rumah tangga dan pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Tanah Jambo Aye. 

"Senang harga tomat murah, karena kalau waktu sedang mahalnya Rp 12.000 per kilogtam," ujar Munir pelaku UMKM yang berjualan ayam Geprek di seputaran Kota Panton Labu.

Nurmala (40) warga Kecamatan Madat Kabupaten Aceh Timur menyebutkan bahwa dirinya biasa membeli tomat dengan harga Rp 8000 per Kg.

Turunnya harga tomat dan semua jenis cabai dalam sepekan ini sangat membantu ibu-ibu untuk mengatur uang belanja.
Share:
Komentar

Berita Terkini