-->

Dinkes Aceh Utara: Waspada Terhadap Berbagai Penyakit di Musim Panca Roba

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Utara menghimbau kepada warga untuk  mewaspadai segala penyakit mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini.

"Perubahan cuaca saat ini dengan panas dan tiba-tiba hujan sehingga terjadi genangan air ditempat-tempat tertentu menjadi potensi sarang nyamuk ,jika tidak segera dibersihkan," kata Kepala  Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara Amir Syarifuddin, S.K.M, M.M.

Dikatakannya bahwa adapun Beberapa penyakit yang perlu diwaspadai pada saat musim pancaroba yakni seperti diare, influenza, demam berdarah, infeksi saluran pernafasan atas atau ISPA, juga chikungunya.

"Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan masyarakat supaya tidak terpapar penyakit di perubahan musim seperti sekarang in. Contohnya seperti terhindar dari DBD, yaitu dengan mencegah perkembangan populasi nyamuk dan menerapkan 3M Plus," jelas Amir.

Selain itu, lanjut Amir, warga juga bisa melakukan tindakan preventif lainnya, seperti mengkonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, menjaga imunitas, kebersihan lingkungan, makanan dan minuman, serta selalu mencuci tangan sebelum makan.

"Kita berharap kepada warga untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), dan apabila mengalami beberapa gejala penyakit, maka segera datang ke Puskesmas, agar segera mendapatkan pertolongan serta penanganan cepat, tepat, serta sesuai dengan diagnosis dari gejala yang muncul" harapnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini