-->

Kapolda Aceh Hadiri Kuliah Umum Wakil Presiden RI

Redaksi author photo

Banda Aceh, BAP--Kapolda Aceh Irjen Ahmad Haydar menghadiri kuliah umum yang disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Prof. Dr. (H.C) K.H. Ma'ruf Amin di Aula Auditorium Prof. Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Kamis, 30/3/2023.

Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. Mujiburrahman, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan selamat datang secara khusus kepada Wapres RI yang telah mengunjungi kampus yang ia pimpin.

Prof. Mujiburrahman mengatakan, disamping menjalankan tugas sebagai Wakil Presiden, K.H. Ma'ruf Amin telah menunjukkan eksistensinya sebagai Bapak Ekonomi Syariah Indonesia.

"K.H. Ma'ruf Amin merupakan tokoh yang berperan penting dalam perkembangan bank-bank syariah di Indonesia, sebagaimana penghargaan yang ia terima sebagai Bapak Ekonomi Syariah Indonesia tahun 2022 silam," kata Prof. Mujiburrahman.

Prof. Mujiburrahman berharap, kehadiran Wapres ke UIN Ar-Raniry akan memberi semangat kepada civitas akademika. Apalagi, kunjungan ini merupakan yang perdana semenjak K.H. Ma'ruf Amin jadi Wakil Presiden.

Sementara itu, K.H. Ma'ruf Amin dalam mukadimah kuliah umumnya mengucapkan syukur atas segala limpahan nikmat dan kurnia Allah yang mentakdirkan dirinya bertemu civitas akademik UIN Ar-Raniry di bulan Ramadan.

Wapres ke-13 RI itu mengutarakan, bahwa masyarakat Aceh telah mencatatkan peran penting dalam sejarah negara Indonesia, di antaranya adalah perjuangan masyarakat Aceh di masa Teuku Umar, Cut Nyak Dien, Cut Mutia, Sultan Iskandar Muda, dan pahlawan nasional lainnya. 

Ia juga menceritakan, bagaimana kontribusi seorang Prof. Amin Aziz (alm) selaku tokoh cendekiawan muslim dalam pembangunan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, serta salah satu perintis Bank Muamalat Indonesia. 

"Banyak negara di dunia ini memberi perhatian lebih pada pembangunan ekonomi dan keuangan syariah. Tidak hanya dilandasi penerapan prinsip-prinsip ke-Islaman dalam kehidupan, tapi juga karena makin besarnya nilai ekonomi, dari ekonomi keuangan syariah dengan populasi muslim dunia mencapai 1,9 miliar orang," ulas Ma'ruf Amin.

Masih menurut Ma'ruf Amin, ekonomi dan keuangan syariah Indonesia terus menunjukkan peningkatan. Dataran _global speed of the global Islamic ekonomi_ tahun 2022 menempatkan Indonesia pada peringkat 4 dalam ekonomi syariah. 

Indonesia juga menjadi konsumen produk halal terbesar di dunia dengan pengeluaran mencapai 184 miliar dollar amerika pada tahun 2020 atau 11,34% dari pengeluaran global. 

Ma'ruf Amin berharap, akan terjadi akselerasi pertemuan ekonomi dan keuangan syariah di tanah air sehingga cita-cita Indonesia sebagai pusat industri halal tahun 2024 dapat diwujudkan

Ia juga sangat yakin, UIN Ar-Raniry dapat menciptakan sumber daya manusia yang produktif dan dapat menjalin hubungan dengan kampus yang lain untuk mendorong ekonomi syariah.

"Saya yakin dengan tekad yang kuat dari masyarakat aceh ekonomi dan keuangan syariah di aceh akan berkembang pesat. Terima kasih UIN Arraniry," pungkasnya.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan buku secara digital sebagai tanda peluncuran buku "K.H. Ma'ruf Amin Bapak Ekonomi Syariah Indonesia". Buku tersebut juga langsung diberikan secara simbolis oleh Wapres RI kepada Ketua MPU Aceh Tgk. H. Faisal Ali, Tgk. H. Nuruzzahri Yahya atau Waled Nu, serta Ketua Senat Mahasiswa dan Ketua Dewan Eksekutive Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Wapres Ma'ruf Amin Bertolak ke Jakarta

Kapolda Aceh Irjen Ahmad Haydar mengatakan, kedatangan Wapres Ma'ruf Amin ke Aceh untuk beberapa kegiatan, termasuk memberikan kuliah umum di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Setelah memberikan kuliah umum di UIN Ar-Raniry, kata Ahmad Haydar, Wapres bersama rombongan akan menuju menuju bandara Sultan Iskandar Muda untuk bertolak ke Jakarta.
Share:
Komentar

Berita Terkini