-->

Harga Telur Ayam Naik Pelaku UMKM Terancam Gulung Tikar

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Harga telur ayam ras di dua Pasar Kota Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara terpantau naik dalam beberapa hari ini, Senin 13/3/2023.

Harga telur ayam ras yang bisanya di jual Rp 44.000 per papan saat ini melejit ke Rp 48000 per papan.

Telur ayam ras yang didatangkan dari Provinsi Sumatera Utara itu, dalam beberapa hari ini mengalami kekurangan pasokan dari Distributor.

"Sekarang kami menjual Rp 48000 per papan, menurut informasi dari agen penyalur naiknya harga telur ayam ras dalam beberapa hari ini karena di Provinsi Sumatera Utara sedang ada pencairan dana PKH," kata Salman pedagang sembako di Pasar Rakyat.

Lebih lanjut Salman menambahkan telur ayam ras yang dipasarkan di sini, tergantung dari Distributor luar Daerah.

Hal senada diungkapkan Khairil pedagang rempah-rempah di Pasar Tradisional.

Menurutnya kenaikan harga telur ayam ras kali ini bisa dikatakan masuk level tertinggi dibandingkan kenaikan beberapa bulan yang lalu.

"Kalau kenaikan beberapa bulan yang lalu harga jual sempat diatas Rp 50.000 per papan, lalu turun sedikit dan dalam beberapa hari ini naik lagi. Akibat dari kenaikan harga, sudah pasti daya beli masyarakat juga sangat menurun," ungkapnya.

Naiknya harga telur ayam ras dalam beberapa hari ini, sangat dirasakan oleh pelaku UMKM, khususnya pelaku dunia kuliner. 

Sebagian besar pelaku UMKM yang menggeluti dunia kuliner harus meng siasati agar dapat mempertahankan eksistensinya di dunia usaha. 

Atikah pelaku UMKM mengatakan bahwa dirinya berjualan kue bolu dengan harga jual Rp 1000 per biji, usaha kue bolu yang sudah lama dia tekuni itu harus ikut merasakan perubahan harga telur sebagai bahan bakunya. 

"Sejak saya tekuni usaha ini harga telur naik turun, hal itu harus kami siasati agar tidak harus gulung tikar, maka rata-rata disini memang memiliki harga yang cukup tinggi, namun diimbangi dengan kualitas kue bolu" ujarnya.

Atikah berharap kepada Pemerintah juga dinas terkait untuk segera melakukan antisipasi kenaikan ini, apalagi menjelang Bulan Suci Ramadhan.
Share:
Komentar

Berita Terkini