-->

Segini Harga Kentang di Pasar Ujung Timur Aceh Utara

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Saat ini harga Komoditi Kentang di dua Pasar  Kota Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, naik tajam, biasanya di jual dengan Rp 12000, kini menjadi Rp 16000 per Kg, Senin 27/2/2023.

Kondisi itu akibat kelangkaan ditingkat pengecer, karena kelangkaan barang dari Tanah Karo (Sumut).

Syahrul seorang pedagang rempah-rempah di Pasar Rakyat Kota Panton Labu, mengatakan bahwa komoditas kentang mengalami kenaikan dari Rp 12000  menjadi Rp 16000  per Kg.

Menurutnya kenaikan harga yang sangat signifikan itu akibat stok barang yang langka ditingkat pengecer, sehingga kondisi itu membuat harga pun dinaikkan.

"Kentang lagi kosong di tingkat pengecer, jatah untuk kami penjual dikurangi bahkan ada beberapa pedagang sayur dan rempah-rempah dalam sepekan kosong barang," kata Syahrul.

Hal yang sama juga di ungkapkan oleh Ahmad, dirinya menjelaskan bahwa melambungnya harga komoditi kentang dalam beberapa hari ini membuat Ibu rumah tangga dan pelaku UMKM mengeluh.

"Kami sebagai pedagang sangat mengeluh naiknya harga komoditi kentang, karena terjadi penurunan daya jual," ujar Ahmad pedagang sembako di Pasar Tradisional.

Amatan beritaacehpoe.net di dua Pasar tersebut, mahalnya harga komoditi kentang membuat para Ibu rumah tangga dan pelaku UMKM mengurangi belanjaannya hingga 50-60 persen.
Share:
Komentar

Berita Terkini