-->

Pengganti Ahli Waris, Haji Uma Utus Penghubung Terima Jenazah TKI di Kualanamu

Abdul Rafar author photo

Jakarta, BAP--Kamaruddin (30) TKI asal Labuhan Keude Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur, meningal dunia akibat tertimpa beton saat bekerja di Negeri Jiran Malaysia baru-baru ini.

Kamaruddin sudah 6 tahun merantau ke Malaysia dan sudah menikah di Malaysia dengan warga Myanmar tiga bulan lalu.

Belakangan ini Kamaruddin bekerja sebagai buruh bangunan kebanggaan toke warga Jawa Timur, namun naas menimpa Kamaruddin dan harus kembali ke Sang Khalid pada tanggal 21 Februari 2023 kemarin red.

Pengurusan jenazah hingga pemulangan ke Kualanamu Sumatera Utara sepenuhnya ditanggung oleh toke tempat Kanaruddin bekerja. 

Keluarga Kamaruddin di Aceh hampir tak percaya dengan kabar meninggalnya Kamaruddin, pasalnya baru dua bulan yang lalu ibu almarhum mengunjungi dirinya di Malaysia.

Atas musibah tersebut, kakak Almarhum melalui surat yang ditujukan kepada Haji Uma, memohon untuk mem fasilitasi pemulangan jenazah Kamaruddin ke kampung halaman di Aceh Timur.

Keluarga juga memohon kepada Haji Uma untuk mengutus penghubungnya menerima jenazah almarhum di Kualanamu, karena kakak almarhum tidak dapat ikut serta untuk menjemput jenazah.

Mendapat Laporan tersebut Haji Uma langsung memerintahkan Staf Penghubung di Malaysia Nazaruddin yang sering disapa Abu Saba, untuk mengurus pemulangan jenazah dengan berkoordinasi dengan toke tempat Almarhum belerja.

Untuk mempersiapkan ambulance penjemputan di kualanamu, Haji Uma berkoordinas dengan BP2MI pusat dan melayangkan surat kepada BP2MI Aceh, perihal permohonan bantuan penjemputan jenazah almarhum dan mengantarnya ke rumah duka. 

Menyahuti permintaan keluarga untuk menerima jenazah Almarhum, Haji Uma mengutuskan dua orang staf penghubungnya Muhammad Khaidir dan Abdul Rafar untuk menerima dan mendampingi pengantaran jenazah bersama BP2MI ke rumah duka di Aceh Timur.

BP2MI Aceh yang dibantu oleh BP4MI Aceh Tamiang langsung menjemput jenazah almarhum sebagaimana jadwal ketibaan yang disampaikan melalui surat Haji Uma yaitu jenazah akan tiba pukul 16.00 wib tanggal 23 Februari 2023, kemarin red. 

Sekira pukul 23.30 wib, 23 Februari 2023, jenazah tiba dirumah duka dan disambut penuh duka oleh keluarga dan pelayat.

Haji Uma juga ikut menyerahkan bantuan duka kepada keluarga Almarhum dan menyampaikan dukacitanya melalui penghubung yang diutus, karena Haji Uma belum bisa hadir dan masih bertugas diluar Aceh.

Haji Uma mengucapkan trimakasih kepeda semua pihak yang sudah membantu, terutama kepada toke tempat almarhum berkerja, BP2MI Aceh, BP4MI Kuala simpang dan BP2MI Pusat serta kepada warga Aceh di Malaysia yang telah membantu.

"Semoga Almarhum di terima di sisi Allah SWT, dan keluarga yabg ditinggalkan tetap tabah serta berserah diri kepada Allah" ucap Haji Uma sapaan akrab senator Aceh itu.

Selain itu, Geusyik Gampong Labuhan Keude dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, tentunya bantuan yang telah diberikan tidak mampu dibalasnya, namun hanya Allah SWT yang mampu membalas semuanya.

"Kami atas nama keluarga dan Masyarakat Aceh Timur mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, terutama kepada Tgk H. Sudirman Anggota DPD-RI asal Aceh atau sering di panggil Haji Uma, atas bantuan beliau kepada keluarga Almarhum, atas segala bantuan Haji Uma, almarhum dapat di kuburkan di kampung halamannya" papar Geusyik Gampong Labuhan Keude.
Share:
Komentar

Berita Terkini