-->

Ini Harga Beras di Pasar Ujung Timur Kabupaten Aceh Utara

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Harga beras pada kedua pasar di Kota Panton Labu Kabupaten Aceh Utara dalam beberapa bulan ini menunjukkan adanya kenaikan harga yang sangat signifikan.

''Kenaikan harga ini terjadi pada semua jenis beras dengan hargapun bervariasi, untuk beras dengan kualitas standar dari sebelumnya Rp.175.000 per zak 15 Kg, kini menjadi Rp. 190.000 per zak, sementara beras dengan kualitas premium dari Rp. 180.000 per zak 15 Kg, kini menjadi Rp. 200.000 per zaknya," kata Salman penjual sembako di Pasar Rakyat Kota Panton Labu, Rabu 1/2/2023.

Hal senada diungkapkan Nasri pedagang sembako di Pasar Tradisional, menurutnya sekarang pembeli sangat mengeluh akibat naiknya harga beras yang sangat signifikan.

"Sudah jarang beras terjual per zak, pembeli hanya mampu membeli enceran (kiloan)," ungkapnya.

Ali Murtala pemilik Kilang Padi yang ada di Kabupaten Aceh Utara saat di hubungi beritaacehpoe.net melalui Telepon Selulernya menjelaskan bahwa kenaikan harga beras tersebut dipicu oleh minimnya stok gabah di tingkat petani dalam sebulan terakhir. Hal itu seiring dengan berakhirnya masa panen 2022.

"Sedangkan musim tanam di tempat kita belum dimulai. Masa panen diperkirakan baru akan terjadi pada awal Mei 2023" jelasnya.

Lebih lanjut Murtala menuturkan bahwa selain stok yang minim, harga gabah kering giling (GKG) juga mengalami kenaikan. Dari harga Rp 6300 per Kg, kini menjadi Rp 6500  per Kg.

Amatan beritaacehpoe.net pada kedua Pasar di ujung Timur Kabupaten Aceh Utara, 
Kenaikan harga beras membuat sejumlah warga terpaksa mengurangi pembelian beras dari bulanan menjadi harian.

Warga berharap kepada Pemerintah untuk segera mengantisipasi lonjakan harga komoditas strategis itu, disaat ekonomi warga yang sangat sulit seperti sekarang ini.
Share:
Komentar

Berita Terkini