-->

Haji Uma Fasilitasi Penjemputan Jenazah TKI dari Kualanamu

Abdul Rafar author photo

Jakarta, BAP--Anggota DPD-RI asal Aceh H. Sudirman sapaan akrabnya Haji Uma, membantu fasilitasi penjemputan jenazah Nurhayati (54) yang meninggal di Negeri Jiran Malaysia.

Jenazah Nurhayati di terbangkan dari Bandara KLA Kuala Lumpur Malaysia, ke Kualanamu Sumatera Utara, untuk di pulangkan ke kampung halamannya di Desa Matang Raya, Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara, Jum'at, 17/02/2023 sekira pukul 00:10 wib.

Haji Uma mengatakan bahwa Nurhayati meninggal dunia di hospital Kajang Negeri Selangor  Malaysia pada 11/2/2023 pekan lalu red, karena menderita penyakit severe intra abdominal sepsis (penyakit infeksi selaput yang melapisi dinding perut bagian dalam).

"Menurut keterangan yang kami terima, Nurhayati sudah sepuluh tahun mengadu nasib di Malaysia dan hidup sebatang kara, naas menimpa Nurhayati harus berjuang melawan penyakitnya hingga Allah memanggil Nurhayati mengahadap sang Khalid" kata Haji Uma.

Haji Uma menjelaskan, karena prihatin dengan kondisi Almarhumah, seorang dermawan, Nurani Muhammad Basyah termasuk kawan Almarhumah lalu membiayai pemulangan Jenazah dari Malaysia sampai Kualanamu Sumatera Utara.

"Untuk meringankan beban ibu Nurani, oleh Haikal sosok pemuda sosial asal Bireuen di Malaysia yang selama ini mengurus pemulangan jenazah Nurhati, menghubungi saya untuk membantu fasilitasi ambulance, dari Kualanamu ke Aceh" jelas Haji Uma. 

Berdasarkan permohonan itu, Haji Uma mengirim surat kepada kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Aceh, untuk membantu penjemputan jenazah Nurhayati di Kualanamu dan mengantarkan ke kampung halaman di Aceh Utara.

"Sejtar pukul 16.00 wib, Kamis 16/2/2023, kemarin red, enazah Nurhayati tiba di Kualanamu dan langsung diantar oleh BP2MI ke tempat peristirahatan terakhir Almarhumah di Kampung Halamanny" ujar Senator Aceh itu.

Sementara itu secara khusus Haji Uma juga mengutus Staf penghubungnya di Aceh Utara, Abdul Rafar, Murtala dan Khaidir untuk menunggu jenazah di perbatasan Aceh Utara dan Aceh Timur, untuk mengiringi pemulangan jenazah hingga ke rumah duka. 

"Saya juga ada menguruskan penghubung untuk menyerahkan bantuan duka kepada keluarga korban. Dan Alhamdulillah tadi malam jenazah sudah tiba dirumah duka yang di jemput oleh BP2MI Aceh dan segera dimakamkan" pungkas Haji Uma.

Disisi lain Haji uma meminta maaf kepada keluarga, karna dirinya masih bertugas di jakarta sehingga belum bisa berkunjung kerumah duka.

Haji Uma mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Nuraini yang telah membantu seluruh biaya pemulangan Almarhumah, hingga tiba ketempat.

"Terimakasih kepada ibu Nuraini, dan T. Haikal, serta warga Aceh yang berada di perantauan, sudah membantu mengurus jenazah Nurhayati" ucap Haji Uma.

Selain Haji uma mengucapkan terimakasi kepada BP2MI pusat dan BP2MI Aceh atas kerjasama dan respon cepat dalam membantu pekerja migran yang di tempa musibah.

Haji uma berharap kepada keluarga semoga tabah dalam menghadapi cobaan ini dan secara khusus Haji Uma ikut menyampaikan belasungkawa dan mendoakan Almarhumah mendapatkan tempat terbaik disisinya.
Share:
Komentar

Berita Terkini