-->

PORA XIV Resmi Di Buka Hari Ini, 117 Atlit Kontingen Aceh Utara Siap Berlaga

Effendi Nurdin author photo

Pidie, BAP--Pekan Olah Raga Aceh (PORA) yang ke XIV (Empat Belas) resmi dibuka hari ini, Sabtu 10/12/2022, di Gelanggang Olahraga Blang Paseh, Kabupaten Pidie oleh Pj. Gubernur Aceh, Ahmad MArzuki.

Harapan Pj. Gubernur Aceh, Ahmad Marzuki pelaksanaan PORA tersebut berjalan lancer dan baik serta setiap kontinge melaksanakannya dengan sportif.

Pembukaan PORA XIV turut dihadiri oleh ketua Umum Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Pusat Marchiono Noerman ketua KONI Aceh, Muzakir Manaf dan sejumlah Kepala Daerah dan sebanyak 23 kontingen seluruh Kabupaten Kota di Aceh.

Ketum KONI menyebutkan bahwa melalui event ini akan sangat menentukan potensi olahraga Aceh sebagai calon tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang. 

"Kita harapkan sukses pelaksanaannya, sukses prestasinya dan sukses tumbuhnya ekonomi masyarakat dengan adanya event ini," ungkap Marchiano.

Muzakir Manaf, selaku ketua KONI Aceh mengatakan, Aceh konsisten mencari bibit ungguh atlit olahraga Aceh. 

"Melalui pelaksanaan PORA ini, telah membuka peluang Aceh dimata Nasional dan membuktikan bibit unggul daerah akan berlaga di even  tingkat Nasional nanti.  Aceh sebagai tuan rumah  PON tahun 2024," kata Mantan Wakil Gubernur Aceh tersebut.

Sementara itu, saat pembukaan ajang PORA XIV, dari Pemerintah Kabupaten Aceh Utara Pj. Bupati Aceh Utara diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Murthala menjelaskan bahwa ada 117 Atlit Cabor yang mewakili Aceh Utara. 

"Sedikitnya, Kontingen Aceh Utara turut menghadiri sebanyak 117 Atlit Olahraga, 32 pelatih dan asisten pelatih denga total kesluruhan kontingen Aceh Utara sekitar 191 orang" jelas Pj Bupati Melalui Sekda Kabupaten Aceh Utara Dr. Murthala.

Sekda Aceh Utara, Dr. Murthala sebelum start awal laga PORA, pada saat meninjau lokasi penginapan kontingen, meminta kepada tim pelatih masing-masing Cabor untuk menjaga kesehatan atlet yang baik dan kedisiplinan waktu istirahat.

"Kepada pimpinan kontingen agar dapat membangun kekompakan tim serta sukses mengikuti semua perlombaan sesuai jadwal," harapan Sekda Aceh Utara.

Dihari perdana, Atlit Aceh Utara hadir memukau. Pada hari pertama tadi sudah mengikuti dua cabang olahraga, diantara Taekwodoe mampu menyabet 1 buah medali emas, 1 buah medali perak dan 2 buah medali perunggu. 

Sedangkan cabang olahraga Futsal Aceh Utara meraih Perunggu laga bersama Kota Langsa.

Ditempat terpisah, Misbah Munir selaku ketua kontingen Aceh Utara mengatakan bahwa, keseluruhan kontingen sudah berada di Kabupaten Pidie.

Namun sebanyak tiga cabang olahraga lainnya, sedang dalam perjalanan karena penyesuaian jadwal pertandingan untuk beberapa hari kedepan. 

Antara lain, cabang Pencak Silat, Tinju dan Anggar, cabang ini akan dilakukan pertandingan perlombaan pada tanggal 16 Desember 2022 yang nantinya kedatangan ketiga cabang olahraga ini akan didampingi Abdullah, selaku sekretaris kontongen.

Sesuai laporan ketua Pengurus Besar (PB PORA) Pidie XIV tahun 2022 menyebut, kejuaraan ini diikuti oleh sebanyak 36 cabang olahraga dari 23 kontingen Kabupaten-Kota. 

Adapun jumlah atlet keseluruhan  sebanyak 4.637 orang, pelatih dan official sebanyak 1607 orang, serta tim medis dan dokter sebanyak 412 orang atau dengan keseluruhannya berjumlah 6.656 orang.
Share:
Komentar

Berita Terkini